Selama beberapa bulan tulisan mengenai cara mengeluarkan batu empedu menduduki peringkat teratas dalam hal statistik pada blog ini. Tulisan tersebut memang sempat menjadi viral di media sosial, walaupun seiring dengan berjalannya waktu semakin menurun yang berkunjung tapi tetap dibandingkan tulisan lain topik tersebut menduduki peringkat teratas.

Saya tidak mengejar trafik ketika menulis namun kadang lihat juga kadar statistik karena memang terpampang di dashboard blog. Beberapa waktu yang lalu mendapatkan notifikasi ada tulisan yang mendapatkan trafik lebih banyak dari biasanya, saya kira tulisan tentang batu empedu kembali dikunjungi namun ternyata topik lain yang menduduki peringkat teratas.

screen-shot-2017-02-02-at-3-55-34-pm

Dua topik tersebut agak saling berhubungan, pertama tentang sim swap dan yang kedua tentang menggunakan nomor lain (luar negeri) untuk whatsapp-an. Topik sim swap sendiri apabila menulis “sim swap” di google Indonesia (google.co.id) menduduki peringkat pertama. Sepertinya tidak banyak yang menuliskan informasi tentang sim swap dalam artikel berbahasa Indonesia padahal topik tersebut termasuk topik yang umum dalam dunia telekomunikasi.

screen-shot-2017-02-02-at-3-56-13-pm

Sebenarnya kedua tulisan tersebut bertujuan agar pembaca lebih aware dan waspada mengenai kejahatan yang dapat terjadi baik melalui sim swap ataupun menggunakan nomor hape pribadi untuk whatsapp. Saya sih senang-senang saja apabila ada lebih banyak yang paham sehingga menjadi waspada, namun ibarat sebilah pisau, informasi demikian bisa jadi digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk berbuat jahat.

Ada perbedaan antara orang awam dan orang yang memiliki niat jahat ketika mendapatkan informasi seperti ini. Orang awam, termasuk mereka-mereka yang berkecimpung dalam dunia telekomunikasi, mengatakan bahwa banyak faktor yang dibutuhkan agar skenario sim swap benar-benar bisa digunakan untuk kejahatan. Intinya hampir tidak mungkin terjadi. Namun bagi sebagian orang lain yang memiliki niat jahat, informasi demikian bisa dirangkai sehingga menjadi suatu rencana terstruktur agar dapat berhasil. Percaya atau tidak, ada banyak sekali orang-orang diluar sana yang mampu mewujudkan kejahatan dengan berbekal informasi seadanya.

Mudah-mudahan saja pembaca blog ini lebih banyak yang tidak memiliki niat jahat sehingga isi tulisannya membawa lebih banyak manfaat daripada efek negatifnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s