Pagi ini ketika sedang mencari-cari translasi suatu kata ke bahasa negara lain tidak sengaja saya melihat di google translate ada “sundanese”. Saya pikir awalnya salah lihat dan mengira itu bahasa Sudan (salah satu negara di Afrika), bukan sundanese tapi sudanese mungkin. Tapi ternyata tulisannya benar. Iseng-iseng saya coba memasukan bahasa Indonesia “Saya” dan ternyata benar ditranslasi ke bahasa sunda: “Abdi”.

“Keren juga nih bahasa Sunda, berarti orang-orang Sunda cukup aktif mungkin kontribusi ke Google translate?”. Apabila bahasa sunda ada, seharusnya bahasa Jawa juga ada. Benar saja, ada tuh di Google translate :D.

sundanese

Saya biasanya paling senang mendengar cerita-cerita lucu terutama dari Sunda. Entah karena dulu sempat menghabiskan waktu hampir 8 tahun di Bandung, atau karena saat SD sempat punya teman orang Sunda yang hobi sekali bikin lelucon sehingga saya dan beberapa teman lain selalu terhibur oleh cerita-ceritanya. Sayangnya, walaupun pernah lama tinggal di Bandung saya teh cuma tau basa Sunda sedikit-sedikit aja, jadi kalau baca lelucon dalam bahasa sunda sering bingung itu artinya apa.

Berhubung sekarang ada di Google translate, saya langsung tes saja ambil lelucon dari Internet. Saya coba ambil dari sini: http://solfegio.com/forum/showthread.php?tid=4948

Dua lalaki keur ngobrolkeun masalah rumah tanggana. Lalaki nu hiji kabeneran
keur pasea jeung pamajikanana.

Lalaki 1: “Yeuh, lamun anjeun pasea jeung pamajikan, tembongkeun yen anjeun teh lalaki sajati. Tong daek eleh ku ngaran pamajikan!”
Lalaki 2: “Puguh atuh kuduna kitu! Eta mah basa keur kamari pasea, pamajikan nepi ngorondang ka hareupeun kuring….”
Lalaki 1: “Tah kitu atuh alus! Terus naon dilakukeun ku pamajikan maneh?”
Lalaki 2: “Pamajikan kuring ngorondang nepi kadongko-dongko bari ngorehan ku
sapu, terus ngomong: Kaluar siah ti kolong ranjang lamun maneh heueuh wani
pasea jeung aing!

Berikut ini hasil translasinya ke bahasa Indonesia:

Dua orang sedang membahas masalah rumah tangga. Mendapatkan kebetulan
bertengkar dengan istrinya.

1 man: “Merasa, jika Anda bertengkar dengan istri Anda, itu menunjukkan bahwa Anda memperoleh nyata. Kekalahan Tong Bus dengan nama istri! ”
Pria 2: “Dia harus melakukannya! Ini adalah ketika konflik terakhir, istri merangkak ke depan saya …. ”
1 man: “Jadi begitu baik! Lalu apa yang membuat istri saya lagi? ”
Pria 2: “Istri saya merangkak naik kadongko-Dongko sementara potongan
Broom, mengatakan: Out selalu dari bawah tempat tidur jika Anda berani heueuh
bertengkar dengan saya!

Ternyata hasilnya masih belum bagus yah? Saya coba translate ke bahasa Inggris deh…

Two men are discussing the problem of the household. Getting a coincidence
a quarrel with his wife.

1 man: “Feel, if you quarrel with your wife, it shows that you are getting real. Tong Bus defeat by the name of the wife! ”
Men 2: “She should do it! It is when the last conflict, wife to crawl to the front of me …. ”
1 man: “So so good! Then what made my wife again? ”
Men 2: “My wife crawl up kadongko-Dongko while the piece
Broom, said: Out always from under the bed if you dare heueuh
quarrel with me!

Masih belum mudah dipahami juga ya hehe. Namun seperti yang sempat saya sampaikan pada tulisan sebelumnya, Google Translate sekarang semakin baik seperti translasi antara bahasa Inggris dan bahasa Arab misalnya, sehingga apabila kita sedang umrah atau haji bisa digunakan tuh apabila terpaksa harus berdialog dengan orang arab disana yang tidak bisa bahasa Inggris.

Untuk bahasa Sunda juga mungkin saat ini belum bagus hasilnya, masyarakat bisa berkontribusi dengan menekan tombol “suggest an edit” dipojok kanan bawah agar mesin Google bisa belajar lebih baik lagi mentranslasikan bahasa Sunda terutama bahasa yang biasa dipergunakan sehari-hari.

sundanese2

Saya masih penasaran dengan arti bodoran Sunda diatas, kira-kira bagaimana terjemahan yang bagusnya dalam bahasa Indonesia? 🙂

Leave a Reply

