“Amin Prihantono itu anak saya”, seketika saya tercengang.

Jadi ceritanya tadi sore saya anterin istri yang mau membelikan sepatu baru buat keponakannya. Ternyata di wonosobo ada satu toko yang terletak didekat rumah sakit umum daerah menjual sepatu-sepatu olahraga yang cukup trendy, dibandingkan dengan toko-toko lain yang umumnya menjual dengan model biasa-biasa saja. Maklum, keponakan ini sudah SMP tingkat akhir, jadi taulah tempat gaul yang jual barang trendy.

Begitu sampai di toko tersebut saya sempat lihat poster Amin Prihantono salah satu atlet basket nasional. Sebagai anak basket (uhuy) taulah siapa doi, apalagi sebagai pebasket yang sama-sama hobi 3 point walaupun beda-beda tipis, Amin Prihantono kan jagoan 3 pt tingkat nasional sedangkan saya jagoan 3 pt level timezone. Saya cuma berpikir, “oh, si Amin Prihantono ini icon / brand ambassador suatu merk sepatu juga toh”. Diatas etalase ada semacam piala kejuaraan PON basket. “wih, sampe piala Amin ditampilkan juga di toko ini”, pikir saya.

Saat keponakan mencoba-coba sepatu saya lihat dibagian atas etalase ada sepatu-sepatu basket yang cukup keren, sesaat sempat tertegun karena di kota kecil seperti Wonosobo ternyata ada yang jual sepatu basket original. Si bapak penjualnya bilang tinggal sisa 8 sepatu, tadinya ada 11. Lalu kemudian saya lihat satu per satu. Cukup keren stoknya. Berhubung saya fans air jordan, saya tanya satu jenis AJ, namun si bapaknya bilang gak ada. Beliau kemudian menunjukan hapenya foto-foto sepatu basket dari suatu toko. Saya berpikir mungkin beliau mengambil stok dari toko tersebut.

Setelah agak lama liat-liat, saya perhatikan dibagian bawah etalase ada tumpukan majalah basket. Lagi-lagi saya bergumam sendiri, “ini bapak pasti doyan banget sama basket, atau saat mudanya pemain basket, buktinya banyak tumpukan majalah-majalah basket lama dan beliau berani jualan sepatu-sepatu original di kota kecil”. Iseng-iseng saya tanya, itu Amin Prihantono ambasador sepatu apa pak? kok ada posternya? Barulah si bapak bilang seperti yang saya sebutkan diawal tulisan bahwa Amin Prihantono itu anaknya dia.

Barulah kemudian saya sadar dengan barang-barang yang ada di toko tersebut. Saya masih gak yakin, “masa sih pak?!”, si bapak kemudian mengeluarkan salah satu majalah dan menunjukan halaman ketika Amin Prihantono menjuarai lomba slam dunk. Disitu tertulis berasal dari Wonosobo, hehehe…

Seperti biasa, saya sangat tertarik dengan kisah perjalanan hidup seseorang sehingga tergelitik untuk mengajukan pertanyaan bagaimana dulu Amin memulai karir basketnya dari kota kecil kemudian hingga menjadi salah satu pemain nasional terbaik Indonesia. Bapaknya menceritakan mulai dari ketika Amin bermain basket sejak masih SMP hingga sampai main di klub Jakarta, yah kurang lebih seperti yang tertulis di blog berikut ini.

…Para wartawan sering bertanya “Apa kuncinya bisa bersaing di dunia basket nasional dengan sarana dan prasarana yang minim di kampung?”. Menurut Amin kunci kesuksesannya adalah kerja keras dan melakukan segala sesuatunya dengan senang hati. Where there is a will, there is a way…

Bapaknya juga mengatakan bahwa sepatu-sepatu original yang ada di tokonya memang dapat dari Amin, tentunya sebagai pemain basket Nasional dapat harga discount, nah itu yang dijual kembali ditokonya.

IMG_4895
Gak poto sama anaknya, sama bapaknya pun jadi lahhh hihihi

Jadi klo ada yang lagi di Wonosobo, boleh tuh mampir ke tokonya di deretan samping rumah sakit umum Wonosobo. Saya perhatikan banyak juga anak-anak muda mampir ke tokonya. Saya rasa tokonya walaupun bukan terletak di daerah komersil wonosobo tapi menjadi favorite anak-anak muda, terutama yang mampu beli karena harganya termasuk ‘mahal’ untuk daerah Wonosobo.

PS: gambar-gambar yang ditujunkan oleh bapak tersebut di hape-nya ternyata toko hoop station di bandung. pemiliknya klo gak salah sih salah satu atlet basket nasional juga (lupa namanya), dari gambar-gambarnya koleksi disana kayaknya keren-keren. bolehlah jadi target kunjungan apabila maen ke Bandung nanti 🙂

Leave a Reply

