Bertani Online

Saya sejak beberapa tahun yang lalu tertarik sekali untuk memiliki usaha pertanian, ingin beli lahan, ditanamin buah-buahan ataupun padi, hasilnya bermanfaat baik bagi keluarga sendiri ataupun masyarakat sekitar. Sadar atau tidak, sebenarnya kita lebih membutuhkan makanan sehat daripada gadget, sayangnya dunia saat ini menganggap barang-barang teknologi tinggi lebih utama daripada makanan. Dan lebih disayangkan lagi bahwa masyarakat Indonesia lupa akan sejarah dimana jaman dahulu Indonesia merupakan salah penguasa dunia karena kekayaan alamnya, kerajaan-kerajaan nusantara merupakan negeri adidaya saat itu.

Namun beragam faktor berkali-kali mematahkan langkah saya, diantaranya adalah kekurangan ilmu soal bertani serta lokasi tempat tinggal yang bukan saja jauh dari pedesaan, posisi bekerja dan tinggal diluar negeri membuat jadi susah untuk merealisasikan keinginan tersebut. Sempat beberapa kali meminta bantuan sanak saudara ataupun teman di Indonesia yang bisa membantu merealisasikan tapi belum ada hasil.

iGrow

Tahun lalu salah satu startup Indonesia berhasil memenangkan kompetisi startup arena, salah satu ulasannya bisa dibaca disini. Mereka memiliki produk yang diberi nama iGrow.

“The basic idea of iGrow is micro-financed farming at scale. It speaks to urban people who know nothing about farming, but care about fresh, locally grown food. With a small investment, “sponsors,” as the platform calls it, can support a farmer to grow certain crops on a suitable plot of land.”

Mereka juga menjadi salah satu startup terbaik di EuroAsia. iGrow memiliki solusi bagi orang-orang perkotaan yang memiliki masalah seperti saya sebutkan diatas, ingin bercocok tanam tapi gak ada ilmunya, ingin bertani tapi gak punya lahan, punya modal untuk beli lahan tapi gak punya kenalan orang yang bisa menjalankan usaha bertani dilapangan.

Filosofi

Saya beberapa tahun belakangan ini menjadi salah satu fans-nya bapak Muhaimin Iqbal, saya suka sekali membaca tulisan-tulisan beliau. Banyak tulisan-tulisannya berisi ide-ide cemerlang yang merupakan solusi untuk permasalahan saat ini yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. iGrow merupakan salah satu produk yang lahir dari sebuah filosofi bahwa muslim harus bersyirkah dalam tiga hal: pengelolaan lahan, air dan api / energi. Hal tersebut sesuai dengan petunjuk Nabi S.A.W,

“Orang-orang muslim itu bersyirkah dalam tiga hal, dalam hal padang rumput, air dan api” – (HR. Sunan Abu Daud).

Berangkat dari petunjuk Rasulullah diatas maka terciptalah produk iGrow yang terbukti memang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat saat ini. Silahkan baca tulisannya pak Muhaimin berikut ini mengenai “Menuju Syirkah Dalam Tiga Hal“.

Healthy Food

Ibu saya adalah orang yang memperkenalkan pentingnya makanan sehat bagi keluarga. Beliau mengajarkan kepada saya dan istri pentingnya mengkonsumsi makan buah di pagi hari bagi keluarga (istilah food combiningnya adalah ‘sarbu’ alias sarapan buah). Alhamdulillah keluarga kami jadi lebih tahan terhadap penyakit, setidaknya sejak mulai mengubah pola makan sehat anak-anak sudah hampir tidak pernah lagi berkunjung ke dokter akibat penyakit musiman seperti batuk-pilek. Trend food combining yang semakin populer di masyarakat menunjukan tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya sumber makanan sehat. Mulai dari banyaknya makanan-makanan organik, buah-buahan segar, sayuran segar yang dijamin, dsb. Masyarakat sudah mulai sadar bahwa pola hidup modern saat ini rentan terhadap penyakit-penyakit mengerikan seperti kanker, beragam jenis makanan olahan berbahan kimia merusak sel-sel tubuh manusia. Saya rasa makanan sehat tidak harus mahal, makan pepaya burung saja sudah baik untuk tubuh. Namun apabila lebih banyak orang yang bisa bercocok tanam via online, tentunya pola penyebaran pertanian dan hasilnya tidak dikuasai oleh segelintir orang, harga makanan-makanan sehat tersebut tidak bisa / lebih sulit untuk dikontrol. Kita bisa mendapatkan buah-buahan segar dengan harga yang normal, apalagi jika hasil pertaniannya bisa kita nikmatin sendiri, tanam dengan modal sendiri dan dimakan sendiri. Bayangkan ketika sebagian besar masyarakat perkotaan memiliki lahan pertanian 🙂

Seorang rekan saya yang ahli dalam bidang farmasi menyebutkan susah untuk menghentikan konsumsi bahan-bahan makanan tidak sehat karena mereka sudah ada disekitar kita, namun dengan rajin mengkonsumsi buah-buahan segar maka akan menetralisir tubuh kita terhadap bahan-bahan kimia yang masuk kedalam tubuh tersebut. Ini salah satu pentingnya makan buah yang baik.

Hubungan dengan project iGrow diatas menjadi jauh lebih jelas bahwa masyarakat saat ini butuh konsumsi makanan yang bersumber dari makanan sehat, manusia mulai kembali ke alam. Project iGrow ini menunjukan bahwa teknologi internet dapat bermanfaat bagi produksi sumber-sumber makanan sehat. Kita bisa pilih benih tanaman apa yang akan ditanam, pilih lokasi, memonitor secara online dan mendapatkan laporan hasilnya. Silakan baca detailnya disini. Bukan tidak mungkin bertani online semacam ini suatu saat nanti bisa berkembang menjadi implementasi bioteknologi berbasis online dengan bantuan masyarakat secara langsung (crowdsourcing). Apa pentingnya bioteknologi dan apa peran negara dengan kualitas lahan seperti Indonesia bagi perkembangan bioteknologi mungkin (inshaa allah) akan dibahas pada tulisan selanjutnya.

Nah, daripada maen farmville di facebook yang menghabiskan waktu tapi tidak menghasilkan apa-apa, kenapa tidak menyalurkan hobi bercocok tanam secara online didunia nyata? 🙂

Advertisements

One thought on “Bertani Online

  1. Halo mas MS. Sudah saya cek linknya, juga unduh manualnya, kalau mencari data siapa di balik igrow (ownernya, bukan rekanan yang di Blitar itu) ke mana ya? (di situsnya sudah saya coba cari sepertinya tidak ada) Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s