Bayar Air Kota Wisata Lewat Internet

Sebelum kembali ke Qatar saya sempat mengunjungi loket pembayaran air untuk kota wisata, ternyata belum ada tagihan air. Tapi petugasnya memberikan no pelanggan, katanya bisa bayar online via ATM ataupun internet. Baru hari ini saya ingat untuk bayar tagihan air, login via internet banking mandiri, pilih PAM, tapi terus bingung pilih penyedia jasanya. Saya pikir namanya PAM kan milik negara, jadi bukankah harusnya cuma ada satu? Setelah browsing-browsing di internet, ternyata memang penyedia jasanya ada macem-macem di setiap daerah. Kalau dari menu di internet banking mandiri sih sepertinya PDAM Kabupaten Bogor, tapi untuk pastinya saya coba cari tau lebih jauh terlebih dahulu.

PDAM Tirta Kahuripan adalah penyedia layanan PAM untuk kabupaten bogor. Dari websitenya, ada halaman yang menunjukan lokasi pengolahan. Bisa dilihat pada link ini.

Lokasi Pengolahan PDAM Tirta Kahuripan

Ternyata memang benar, kota wisata termasuk bagian dari pengolahan perusahaan tersebut. Tata cara pembayaran online ada di websitenya, bisa diakses dari link ini tapi hanya untuk pembayaran via ATM, tidak ada via Internet. Tapi sudah cukup jelas bahwa penyedia layanannya adalah PDAM Kabupaten Bogor alias Tirta Kahuripan. Jadi tinggal masuk ke menu pembayaran, pilih PAM, pilih penyedia jasa layanan PDAM Kabupaten Bogor, masukan kode pelanggan (tanpa titik), and voila…

Internet Banking Mandiri

Internet Banking Mandiri

Namun ada catatan penting, saya sempat beberapa kali gagal padahal sudah memasukan penyedia jasa yang benar. Sepertinya ada gangguan antara sistem online mandiri dengan tirta kahuripan, jadi kalau hal serupa terjadi, tunggu saja beberapa waktu terus coba lagi.

Ada hal menarik dimana pada website tersebut tertulis bahwa kita bisa cek berapa tagihan air bulan berjalan via SMS. Kirim SMS ke 0812 84100028 dengan format “bill <spasi> nomor pelanggan”. Saya penasaran, kalau dikirim dari no hape luar negeri kira-kira SMS gateway-nya bisa bales gak. Saya kirim dari no Ooredoo Qatar, ternyata dibalas dengan data tagihan bulan berjalan 🙂

SMS Gateway

Semoga bermanfaat buat yang mau bayar air via internet. Untuk daerah lain seharusnya sama aja, tinggal cari kepastian daerah kita masuk lokasi pengolahan mana.

Advertisements

4 thoughts on “Bayar Air Kota Wisata Lewat Internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s