Dispute Citibank, Refund Lynda.com

Entah karena sistemnya citibank yang bagus, atau karena servis lynda.com yang bagus, atau karena memang keduanya. Jadi ceritanya saya lupa cancel automatic subscription di lynda.com, tiba-tiba ada tagihan $375 atau sekitar Rp. 5juta rupiah saat itu. Jelas ini adalah kesalahan saya, tapi mengingat saya sudah sangat jarang belajar dari lynda.com jumlah segitu walaupun untuk masa langganan setahun kedepan tetap terasa berat, ibaratnya keluar duit untuk hal yang sia-sia.

Saya bertanya-tanya apakah dana saya bisa di-refund? Akhirnya saya laporkan tentang tagihan ini ke pihak citibank via telp, saya bilang saja bahwa saya tidak melakukan transaksi tersebut, ya memang bener toh, kan saya tidak melakukannya dengan kesadaran tiba-tiba aja ada tagihan hehehe. Alhamdulillah pihak citibank-nya menanggapi dengan cepat, mungkin dikira korban kejahatan dunia cyber, nomor kartu kredit tersebut di blokir, dalam waktu 2 hari kerja akan dikirim kartu kredit yang baru, dan saya akan diberikan balance lebih sebagai pengganti jumlah tersebut sehingga kartu kreditnya bisa dipake lagi. Kebetulan saat itu lagi di Indonesia karena sedang vacation jadi saya rasa tidak masalah. Terakhir officer-nya bilang akan mengirimkan sebuah form dispute via email yang harus saya isi dan kirimkan ulang dengan disertai tandatangan ke citibank dalam waktu seminggu.

Ketika form tersebut datang, saya isi dan nyatakan bahwa transaksi tersebut tidak pernah saya lakukan, sign, trus kirim kembali via email ke citibank. Terus terang saya tidak yakin bahwa klaim dispute tersebut akan dikabulkan, saya berpikir paling juga nantinya pihak lynda.com akan menjawab bahwa itu adalah automatic subscription jadi sebenarnya kesalahan saya sebagai subscriber kenapa tidak cancel automatic subscription tersebut. Namun untuk jaga-jaga, saya tidak pernah login ke lynda.com dulu, kebetulan juga sudah tidak pernah login selama kurang lebih 6 bulan. Tagihan sebesar Rp. 5jt itupun masih bertengger di laporan online citibank. Pasrah deh.

Bulan berikutnya saya terima email dari lynda.com yang menyatakan bahwa subscription saya akan berakhir bulan depan, dan mereka telah memproses refund saya. Saya cek login ke citibank dan ternyata memang benar, tagihan sebesar Rp 5jt itu sudah tidak ada lagi. Alhamdulillah semuanya berakhir dengan baik.

Refund Lynda.com
Walaupun dana telah di-refund, tapi status keanggotaan saya masih tetap valid hingga bulan berikutnya di lynda.com, jadi masih bisa lihat-lihat isinya secara full. Hm, ternyata banyak materi-materi online yang baru. Klo udah begini rasanya jadi ingin subscribe lagi hehehe…

Note: Saya baru tau klo lynda.com itu anak perusahaan linkedin!

Leave a Reply

