Mempersiapkan Kematian

Judulnya serem ya?! 🙂 Begitulah tanggapan beberapa orang ketika saya membahas hal seperti ini. Dulu ketika masih kuliah disalah satu sesi pengajian aa gym beliau mengatakan bahwa apabila seorang manusia selalu mengingat kematian maka inshaa allah akan selalu berhati-hati dalam menjalani kehidupannya. Tidak ada waktu untuk melakukan hal yang sia-sia dalam hidupnya, apalagi berbuat beragam dosa serta kemaksiatan. Karena kita sadar bahwa waktu kita didunia ini cuma sebentar dan tidak ada seorangpun yang bisa menjamin kapan akan menemui ajalnya. Aa gym sendiri sempat bercanda kalau perlu dikamar kita pasang tuh gambar orang yang sudah mati dipasangin kain kafan, jadi kita akan selalu ingat dengan kematian hehehe. Karena pada dasarnya kita manusia kan serba lemah, mendapatkan kehidupan yang enak sedikit langsung lupa.

Salah satu orang yang memberikan contoh kepada saya untuk selalu mengingat kematian adalah Ayah saya sendiri. Dirumah saya sempat menemukan dan membaca-baca buku yang berjudul “Rintangan Setelah Kematian”, saya belum baca sampai tuntas tapi menurut saya baik bagi kita untuk mengetahui dan mempersiapkan kematian.

IMG_2652

Andaikan saja setiap orang selalu mengingat kematian sehingga dirinya merasa takut dan selalu berusaha menjalani kehidupan dengan sebaik-baiknya maka dunia akan dipenuhi dengan kebaikan. Rasa takut tersebut juga dapat menjadi ‘booster’ kita pribadi agar selalu berusaha semaksimal mungkin untuk bersungguh-sungguh dalam menjalani kehidupan sehingga tidak ada waktu untuk bersantai-santai membuang waktu dengan percuma. Kakak angkat saya yang sudah sukses menjadi seorang pengusaha walaupun ‘hanya’ tamatan SMU dan memulai usaha dengan prinsip ingin membuka lapangan pekerjaan yang bermanfaat bagi orang lain pernah mengatakan pada saya bahwa resiko terbesar bagi seorang manusia adalah kematian, oleh karena itu jangan pernah takut untuk mencoba tantangan baru dalam kehidupan (tentunya dalam konteks yang baik).

Jadi ingatlah selalu dengan kematian yang sudah dipastikan akan menjemput kita cepat atau lambat, oleh karena itu pergunakan waktu kita didunia dengan sebaik-baiknya. Inshaa allah kita akan sukses didunia dan akhirat. Amin.

Leave a Reply

