Low Budget Dedicated Server

Saya menghabiskan waktu cukup lama cari-cari penyedia layanan server untuk riset yang sedang dikerjakan saat ini. Requirement yang saya butuhkan adalah dedicated powerful server dengan real hardware (bukan emulator) yang bisa diinstall sendiri, harganya masuk range kantong pribadi (low budget), koneksi internetnya kenceng setidaknya dari Qatar. Setelah mencoba beberapa provider, pindah dari satu provider ke provider lain, akhirnya menemukan satu provider yang sesuai dengan kriteria. Detailnya bisa dilihat pada link ini.

Sayangnya mereka tidak memberikan akses ke serial console sehingga kita tidak bisa install OS sendiri (kebetulan untuk riset ini saya butuh untuk develop salah satunya proses auto instalasi server via network), namun hal ini tidak menjadi masalah karena bisa menggunakan Virtualbox. Virtualbox berbeda dengan solusi virtualisasi lainnya dimana virtual mesin lain umumnya menyediakan emulasi hardware, sementara VM-nya virtualbox ‘seperti’ menggunakan hardware host langsung. Jadi kalau si host server punya processor Nehalem 2.66GHz maka virtual mesin yang berjalan diatas virtualbox akan memiliki jenis processor yang sama. Jenis virtualisasi seperti ini dibutuhkan apabila kita ingin melakukan suatu benchmark, atau opimasi suatu produk. Beragam fitur virtualbox untuk networking juga cukup powerful, sehingga apabila ingin membuat virtualisasi sekumpulan server untuk autoinstalasi misalnya tetap bisa dilakukan.

Mungkin saja ada yang sedang cari-cari solusi serupa bisa coba a1dedicatedserver. Berikut ini contohnya setelah saya selesai install Gentoo Linux pada VM (Gentoo Linux juga menjadi salah satu opsi OS host server, akan di install oleh team mereka), terbukti optimasi saat compile kernel / emerge memberikan hasil lebih cepat kok 😉

Screen Shot 2015-08-18 at 10.53.43 AM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s