Makkah dan Madinah dari Stasiun Ruang Angkasa

Pagi ini melihat cuplikan isi blog di Facebook mengenai foto kota Makkah dan Madinah yang di posting oleh astronot Rusia. Gambar tersebut seingat saya sesuai dengan pernyataan astronot dari India yang mengatakan bahwa kedua kota suci umat Islam tersebut bercahaya pada malam hari, dan dia mendengar suara adzan diluar angkasa, hingga pada akhirnya dia memeluk agama islam. Banyak yang bilang informasi tersebut Hoax, salah satunya seperti yang di posting oleh web ini: http://wikiislam.net/wiki/Sunita_Williams_(Conversion_to_Islam). Tentunya saya meyakini bahwa kedua kota suci umat Islam tersebut memiliki keistimewaan, namun mengenai berita astronot India tersebut saya tidak (lebih tepatnya belum sempat) mengambil pusing untuk mencari tau lebih detail hingga hari ini.

Berawal dari cuplikan isi blog yang menceritakan hasil postingan kosmonot Rusia tersebut di twitter, saya coba cari tweetnya dan ternyata hasilnya adalah BENAR. Kosmonot Anton Shkaplerov (https://twitter.com/antonastrey) dan rekan-rekannya di stasiun ruang angkasa atau biasa disebut ISS (International Space Station) sering memposting gambar-gambar berbagai tempat di bumi (look at these cameras!!).

https://twitter.com/AntonAstrey/status/583700498894692354

Berikut beberapa gambar dari kota-kota di bumi yang mereka ambil.

 
 

Dan inilah foto Mekkah dan Madinah yang diambil oleh Anton.

 
https://twitter.com/AntonAstrey/status/559733435687006208
 

Bahkan dia sempat men-tweet foto kedua kota suci tersebut dalam bahasa Rusia.

https://twitter.com/AntonAstrey/status/559732819979943936

Memang jelas sekali terlihat bahwa di Makkah dan Madinah terdapat suatu tempat yang cahayanya jauh lebih terang dari sekitarnya, dan kita tau bahwa tempat tersebut adalah area sekitar Masjid Al-Haram (Masjidil Haram) di Makkah dan sekitar Masjid Al-Nabawi (Masjid Nabawi) di Madinah. Bahkan jika dibandingkan dengan foto kota-kota lain cahaya tersebut berbeda. Katakanlah cahaya tersebut cahaya dari lampu maka sudah tentu berbeda karena cahaya lampu kota bisa kita lihat sendiri pada gambar.

Hal senada pernah juga diungkapkan oleh para astronot Rusia yang berkunjung ke Riyadh tahun 2012 silam seperti diberitakan oleh riyadhconnect.com. Salah satu astronot bernama Anatoly Ivanishin mengatakan,

When you are in outer space, we take photos during the day for good visibility and shot, but at night it is difficult to take pictures because you have to use a special technique. In spite of this, I managed to take many pictures of various cities at night. I was amazed to find that the cities of Makkah and Madinah outshone other cities around the world

Dasar dari agama adalah iman atau keyakinan. Bagi umat Islam melihat hasil foto tersebut In shaa Allah bisa menambah keimanan kita. Allah sendiri yang menjamin kesucian kota Makkah dan Madinah hingga datang hari kiamat nanti sehingga bagi umat Islam apabila terdapat bukti nyata keindahan ataupun hal spesial dari kedua kota suci tersebut maka bukanlah hal yang aneh. Untuk yang pernah menziarahi (umroh / haji) kedua kota tersebut pun tentunya bisa merasakan dengan hati masing-masing bahwa ada sesuatu yang membuat kita kangen untuk kembali mengunjungi kedua kota suci tersebut.

Khalid Abdul Gader Taher sempat merespon pernyataan para astronot Rusia tersebut,

To me spiritually we understand that and we realize it. And I really wish and ask the Almighty Allah to help us that the light he saw up there as shiny for him will also be shiny for the rest of the world

والله أعلمُ بالـصـواب.

PS: Anton Shkaplerov sepertinya sengaja mengambil gambar kedua kota suci umat Islam tersebut secara khusus, pemaparan para astronot Rusia di Riyadh menunjukan bahwa pemandangan ajaib dan indah dari kedua kota suci tersebut memang sudah lama beredar dikalangan astronot.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s