Belanja online di situs seperti amazon.com ataupun ebay.com mungkin tidak lumrah untuk masyarakat Indonesia, diantara sebabnya mungkin karena Indonesia termasuk susah untuk proses deliverynya, ataupun dahulu saya pernah mendengar Indonesia masuk kategori blacklist akibat banyaknya aksi carding para cracker yang membuat kartu kredit dari Indonesia tidak diterima secara luas oleh online shop international.

Belanja online di amazon sendiri baru saya jalanin sejak tinggal di Qatar, itupun hanya sebatas membeli buku. Delivery juga tidak langsung ke Qatar, jadi ada semacam tempat untuk nge-drop sementara dari aramex (semacam DHL, atau tiki) yang memiliki alamat di US, nanti akan dikirimkan ke aramex di Qatar. Kita tinggal ambil barangnya di aramex dengan membayar biaya tambahan berasarkan berat barang. Memang klo dihitung-hitung, dibandingkan belanja barang di Qatar, belanja online bisa dibilang lebih murah. Apalagi Qatar termasuk kategori negara super mahal, jadi barang-barang import yg ada di Qatar harganya lebih mahal daripada mis. beli aslinya di US seperti game console, produk-produk apple seperti macbook.

Nah, akhir november kemarin kan ada black friday. Super sale. Banyak barang-barang yang di diskon sehingga orang berbondong-bondong belanja pada hari jumat terakhir bulan November. Saya sendiri sempat browsing karena memang ada kebutuhan untuk membeli access point berhubung access point di rumah sudah rusak, namun pada akhirnya memutuskan untuk beli di Qatar. Saya teringat beberapa waktu yang lalu ketika pulang ke Indonesia dan ngobrol-ngobrol dengan orang tua, ibu saya sempat cerita membeli perlengkapan dapur (klo tidak salah juicer) dengan harga sekian rupiah, saya coba cari di amazon dan ternyata merk serupa bisa dibeli dengan harga lebih murah. Dari gambarnya sekilas persis sekali dengan yang punya ibu saya, ibu saya mengatakan beli barangnya asli dan beliau bisa menunjukan bagaimana membedakan yang asli dengan yang palsu, sedangkan yang di amazon itu kita sama-sama buta namun berpikir “ah, masa’ iya sih situs amrik jual barang palsu. apalagi hasil review nya bagus-bagus”.

Saya rasa itu yang ada di benak kebanyakan masyarakat Indonesia, klo yang jualan situs bule dan berkategori bonafid maka pemikiran bahwa barang yang dijual adalah barang KW akan segera dihilangkan. Hal yang sama ada di benak saya ketika browsing-browsing barang-barang sale black friday. Namun secara intuisi saya mulai berpikir kembali, bayangkan ada jam tangan yang ditulis harga aslinya mencapai 400-500 usd namun karena diskon besar-besaran menjadi hanya 50 usd. Saya bingung, bagaimana bisa barang di diskon sampe lebih dari 80% dan itu adalah barang original? Hal menarik lain yang saya lihat, ada juga dijual jam tangan modelnya mirip sekali dengan jam tangan yang dijual di beberapa toko di Qatar seharga 100-200 QAR namun di amazon harganya antara 7-10 usd.

Terakhir yang membuat saya berpikir untuk ekplorasi lebih jauh adalah barang elektronik dengan brand-brand terkenal seperti apple, sony playstation, xbox, walaupun diskon tapi hanya berkurang sedikit sekali, paling cm 10-20 usd lebih murah.

Saya coba ambil satu target, yaitu jam tangan wanita merk michael kors. Merk ini dipilih setelah mendengar cerita dari istri klo merk ini sedang populer di kalangan ibu-ibu sekarang. Namun istri saya berpendapat bahwa belanja barang online cenderung beresiko karena kita tidak bisa melihat barangnya langsung, dia bilang “bisa saja palsu”.

Saya berargumen dengan bilang “say, masa’ iya sih toko luar negeri jual barang palsu. yang jualan di amazon itu toko resmi loh, coba liat, tokonya ada di UK (jualan nya di amazon UK). klo di indo sih udah biasa barang KW, klo diluar ketahuan bisa di grebek lah”. Pendapat yang beberapa waktu kemudian membuktikan bahwa saya salah.

Produk berikut ini yang saya maksud.

Screen Shot 2014-12-03 at 10.57.55 PM

Keanehan pertama yang menjadi pertanyaan buat saya adalah harga produk tersebut di amazon UK dengan di amazon US mirip-mirip angkanya, sama-sama diklaim diskon gede, namun currency yang digunakan berbeda. Di amazon UK currency yang digunakan adalah poundsterling, sedangkan di US adalah USD. Berikut ini contoh produk yang sama di amazon US.

Screen Shot 2014-12-03 at 10.54.08 PM

Coba lihat harga aslinya yang dicoret, di amazon UK seharga 250 GBP sedangkan yang di US seharga 250 USD. Kalau ada yang belum tau, 1 GBP itu nilainya lebih besar dibandingkan 1 USD. Klo dalam mata uang rupiah (IDR) per hari ini, 1 GBP = Rp. 19.329 sedangkan 1 USD = 12.323, jadi harga jam tersebut klo dirupiahkan normalnya adalah 3jt rupiah di amazon US dan 4.8jt rupiah di amazon UK. 1,8 juta rupiah bedanya hanya karena toko online terletak di beda negara / region. Mungkin ada yang berpendapat “ah, itu kan terhadap rupiah, gimana mata uang lain?”. Ya sama saja, beli jam tersebut dengan duit Qatar maka kita harus membayar sebesar 1.427 Qatar Riyal ketika membeli di amazon UK atau sebesar 910 Qatar Riyal ketika membeli di amazon US. Huge difference.

Mungkin orang akan berpikir bahwa biaya impor dari US ke UK berpengaruh terhadap harga barang, ya, saya setuju itu. Namun tidak berlaku untuk semua barang, apalagi jika yang membeli dari luar US atau UK. Apabila beli dari Qatar menggunakan aramex, seinget saya biaya delivernya 40 QAR untuk 1 KG pertama, selebihnya di hitung per 1/2 KG. Jam tangan tentunya tidak lebih dari 1 KG, di situs amazon pun bisa dilihat beratnya hanya 450-an gram, jadi klo dikirim ke Qatar hanya makan biaya tambahan 40 QAR. Ketika menggunakan layanan aramex kita akan diberikan beberapa alamat dropship, US dan UK termasuk diantaranya. Jadi dalam hal ini, beli jam yang sama di amazon tentu lebih menguntungkan beli dari US. Apakah ada orang yang membeli di amazon UK? jika melihat review berikut ini kita akan paham bahwa ada orang yang percaya bahwa dia sangat beruntung karena membeli jam MK tersebut dengan harga 100 GBP lebih murah.

Screen Shot 2014-12-04 at 8.06.30 AM

Membaca review adalah langkah yang umumnya dilakukan oleh orang sebelum membeli barang melalui online shop. Testimoni orang lain apalagi verified buyer sangat penting. Jika melihat hasil review produk jam MK tersebut dan penjualnya, maka hasilnya adalah positif. 5 star secara umum. Di amazon ada banyak sekali penjual, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah mencari penjual yang review untuk suatu produknya banyak. Atau membaca beragam review beberapa toko dari produk yang sama, dari situ akan terbuka ‘kartu’ sebenarnya mengenai produk tersebut. Untuk case jam tangan ini, wajar saja jika harganya bisa beda-beda ataupun turun drastis karena ternyata produk jam tersebut adalah barang KW, klo orang bule nyebutnya palsu.

Screen Shot 2014-12-04 at 8.21.23 AM

Screen Shot 2014-12-04 at 8.21.55 AM

Review yang mengatakan jam tersebut tidak asli dari MK tersembunyi diantara timbunan review positif, hal yang lumrah untuk dunia digital. Tentu saja kita baru akan tahu bahwa produk tersebut palsu setelah melihat orang lain membeli produk tersebut dan ‘kecele’, itu juga klo dia mau report dibagian review. Bagaimana jika tidak ada review? setidaknya, untuk case jam tangan ini kita bisa membandingkan dengan situ aslinya.

Situs asli Michael Kors tentunya menjual barang original produk mereka sendiri, untuk contoh produk ini bisa dilihat pada link berikut ini. Cara paling mudah adalah membandingkan gambarnya. Bukan masalah kualitas gambar, karena bisa saja gambar yang dipajang di situs asli suatu produk lebih bagus mulai dari resolusi hingga pengambilan sudut pandang. Foto bisa menipu. Tapi element-element produk yang ada di foto itu bisa menjadi patokan asli atau tidak.

Berikut ini saya ambil contohnya yang membedakan desain asli dari produk MK tersebut dengan yang dijual di amazon (sebelah kanan dari situs asli MK, sebelah kiri dari amazon). Gambar dari situs amazon juga sudah saya rotate agar lebih mudah untuk dilihat dan dibandingkan dengan gambar dari situ asli MK.

Screen Shot 2014-12-03 at 9.31.14 PM

Terlihat jelas pada elemen yang saya lingkari. Secara umum memang gambar dari situs asli lebih terlihat berkilau dibandingkan gambar produk di situs amazon, tapi sekali lagi tidak bisa menjadi patokan. Tapi jika ada perbedaan elemen maka menjadi petunjuk bahwa barang yang di amazon bukan barang asli. Tentunya jika produk itu adalah desain asli tidak akan pernah berbeda dengan gambar barang aslinya bukan?

Selanjutnya, pada situs asli MK tertulis spesifikasi detail ‘Water Resistant Up To 5 ATM’. Berikut ini adalah gambar produk di situs amazon. Terlihat jelas speknya adalah…10 ATM.

Screen Shot 2014-12-03 at 9.24.35 PM

Terakhir, seperti yang disebutkan oleh salah satu reviewer diatas. Warna base yang asli adalah gold, sedangkan yang palsu adalah silver.

Screen Shot 2014-12-03 at 9.28.57 PM

Sebenarnya ketika melihat bagian gambar yang ini di amazon saya sempat berpikir bahwa produk tersebut tidak simetris, bandingkan dengan gambar produk asli. Cuma tentu saja bisa jadi itu hanya faktor sudut pengambilan gambar. Namun dari perbedaan warna kita bisa menyimpulkan bahwa yang di amazon itu beda produk dengan yang di situs asli. Apakah mungkin ada 2 warna berbeda, mungkin saja. Tapi untuk produk yang satu ini di situs aslinya hanya ada satu warna. Jadi kalau ada warna yang berbeda patut dipertanyakan.

Berdasarkan hasil iseng-iseng sok analisis ini menguatkan bukti bahwa barang-barang yang dijual di amazon itu tidak semuanya barang asli. Bahkan di salah satu review disebutkan bahwa barang tersebut dikirimkan dari hongkong. Orang Indonesia tentunya paham jika dikirim dari hongkong maka kemungkinan besar adalah barang KW, tapi mungkin bule banyak yang gagal paham hehehe…

Terjawab sudah bagaimana mungkin ragam barang di situs online amazon bisa memberikan harga yang variatif, intinya sih sama saja dengan yang ada di pasar Indonesia, ada barang original yang harganya susah sekali digoyang namun ada juga barang KW yang harganya bisa disesuaikan. Barang KW atau original tentunya tergantung sudut pandang setiap orang, ada yang berpendapat jam tangan gunanya untuk melihat jam, jadi gak masalah KW atau tidak. Namun boleh dong beberapa orang berpendapat ada nilai lebih dari originalitas suatu barang, dan kata-kata ‘ada harga, ada barang’ secara lugas disampaikan video berikut ini tentang proses pembuatan salah satu produk jam tangan Patek Phillipe.

Saya sendiri termasuk ‘picky’ dalam hal membeli suatu produk dan disesuaikan dengan kebutuhan. Katakanlah untuk barang elektronik misalnya, jauh lebih nyaman menggunakan brand yang sudah terbukti dan tentunya original, lebih puas pakainya dan tidak mudah rusak dibandingkan pakai yang ‘aspal’. Atau ketika membeli sesuatu sebagai ‘gift’ kepada orang-orang yang kita sayangi seperti keluarga, tentunya sebisa mungkin kasih yang asli. Namun ada kalanya butuh juga barang KW ketika mis. membelikan mainan buat anak-anak saya yang usianya dibawah 5 tahun, daripada beli lego asli yang harganya mahal tapi hanya akan bertahan satu hari setelah itu hilang bagian-bagiannya entah kemana (pengalaman pribadi), maka lebih baik beli lego-legoan asalkan mereka senang dan punya mainan.

Namun ada satu hal yang masih mengganjal di benak saya dari produk jam tangan MK tersebut. Jika memang ada pihak yang bisa membuat tiruannya, dan secara legal boleh dijual pada market international model amazon atau ebay, kenapa tidak dibuat 100% mirip aslinya ya? okelah dari sisi material tidak bisa sesuai aslinya sehingga lebih murah harganya, tapi hal-hal detail seperti yang saya tunjukan dari gambar-gambar diatas kan setidaknya bisa diminimalisir sehingga persis barang aslinya. Apa susahnya mengganti warna gold daripada warna silver? Atau ada aturan tidak tertulis secara internasional bahwa boleh aja membuat barang KW dan pake nama merk brand tertentu untuk dijual secara legal, tapi harus ada bagiannya yang tidak sama persis sehingga tidak sepenuhnya ‘njiplak’?

Legal atau tidak, menurut saya cara jualan di amazon oleh toko-toko penjual barang KW tersebut sudah masuk kategori penipuan. Tidak dicantumkan secara eksplisit bahwa itu barang KW, dan tentu saja akan banyak orang-orang yang terjebak. Itu baru satu produk, ada ribuan produk lain yang saya yakin kondisinya sama. Itu sebabnya barang-barang elektronik seperti merk apple ataupun merk lain jarang sekali harganya dijual jauh dari harga asli, karena ya memang itu barang asli. Jadi pesannya adalah hati-hati ketika membeli barang online, jangan mudah tergiur oleh pesan iklan sale besar-besaran. Teliti sebelum membeli, apalagi metode belanja online kan ibarat beli kucing dalam karung, kita tidak bisa melihat barang aslinya sebelum barang tersebut diterima.

Cheers

UPDATE: Tadi malam sempat jalan-jalan ke salah satu mall besar disini, masuk ke salah satu toko jam populer yang menjual beragam jenis jam bermerk, saya penasaran dan menanyakan apakah merk jam MK model two-tones available, dan ternyata memang ready-stock. Saya lihat langsung dan karakteristiknya persis seperti yang dijual oleh amazon.com, dari segi barangnya memang terlihat dan terasa berkualitas (mis. beratnya). Namun yang membuat saya sangat surprise adalah harganya, dibanderol dengan harga QAR 1.650 atau seniali 450 USD. Kalaupun itu original seperti dalam website aslinya, maka setidaknya harga itu hampir 2x lipat harga aslinya (275 USD) atau 60% lebih mahal. Tapi karena karakteristiknya sama dengan yang disitus amazon.com (asumsi KW) maka harga tersebut luar biasa, karena kita bisa mendapatkan melalui online seharga 150 USD. Berarti toko itu menjual 3x lipat harga online.

Ketika saya membuat project iseng-iseng berupa website tempat jual beli barang second untuk wilayah ini, beberapa kali termasuk jam tangan bermerk dijual dengan alasan ‘second’, yah harganya lumayan berkuranglah dari harga ditoko sini. Untuk model MK ini, kalau ada yang jual 1 jam ‘second’ dibeli dari amazon.com dengan pasang harga QAR 1.350 saja di facebook / situs barang second disini bisa dapat margin 800 QAR (sekitar 2.6jt rupiah). Not bad eh?

Namun tidak semua toko disini menjual barang serupa, saya coba verifikasi dengan jam yang pernah beli disini sekitar 1.5 tahun lalu merk tissot melalui situs resminya. Baik karakteristik maupun gambar desain semuanya sama persis, dan yang tidak kalah penting adalah harganya ketika dicek dari online shop resmi saat ini persis sama dengan harga ketika beli saat itu dalam QAR. Setidaknya sekarang jadi tahu, toko model gimana disini yang jual barang orisinil dengan ‘mungkin-agak-kurang-orisinil’ šŸ™‚

Advertisements

3 thoughts on “Barang KW di Amazon.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s