Akhir bulan juni yang lalu saya & keluarga merasakan secara langsung makna “world’s 5 star airlines”-nya Qatar Airways (QA). Semula istri & kedua anak saya rencana akan berangkat pulang duluan dari Qatar menuju Indonesia dalam rangka liburan summer, rencana keberangkatan adalah 30 june 2013, sedangkan saya akan menyusul bulan agustus nanti. Namun kemudian terjadi perubahan rencana, sehari sebelum tanggal 30 june kami sempat mengunjungi kantor Qatar Airways untuk menanyakan perihal perubahan jadwal, namun saat itu entah karena CS-nya bingung atau kami yang tidak paham disebutkan bahwa untuk perubahan jadwal akan kena charge sekitar 500 QR per orang, setelah dihitung berarti 3 orang mencapai 1,500 QR. Perubahan jadwal pun di urungkan.

Pagi hari sebelum berangkat, saya sempat mau check-in online untuk istri dan anak-anak, kemudian melihat ada link mengenai detail fare rules dari tiket yang dibeli, karena penasaran saya klik dan melihat isinya. Berikut cuplikan fare policy:

1 – PSGR P1 ADT RULES DISPLAY
FARE COMPONENT 1 ADT DOHJKT QR ULRIBTN2 PU 1 N
FCL: ULRIBTN2 TRF: 185 RULE: QA64 BK: U
PTC: ADT-ADULT FTC: ER -ECONOMY RESTRICTED
PE.PENALTIES
FROM/TO JKT FOR ULRIBTN2 TYPE FARES

CHANGES

ANY TIME
CHANGES PERMITTED.
NOTE –
CHANGES PERMITTED FREE OF CHARGE.

CANCELLATIONS

BEFORE DEPARTURE
CHARGE QAR 350 FOR CANCEL/REFUND.
WAIVED FOR DEATH OF PASSENGER OR FAMILY MEMBER.
>
NOTE –
OFFICIAL DOCUMENTATION REQUIRED IN THE CASE OF
DEATH OF PASSENGER/FAMILY MEMBER.

AFTER DEPARTURE
CHARGE QAR 350 FOR CANCEL/REFUND.
WAIVED FOR DEATH OF PASSENGER OR FAMILY MEMBER.
NOTE –
CANCELLATIONS PERMITTED –
CHARGE QAR 350 PLUS APPLICABLE FARE FOR USED
SECTOR.
————————————————–
OFFICIAL DOCUMENTATION REQUIRED IN THE CASE OF
DEATH OF PASSENGER/FAMILY MEMBER.
CHARGE QAR 190 FOR NO-SHOW.

1 – PSGR P1 ADT RULES DISPLAY
FARE COMPONENT 2 ADT JKTDOH QR KLRIBTN2 PU 1 N
FCL: KLRIBTN2 TRF: 185 RULE: QA64 BK: K
PTC: ADT-ADULT FTC: ER -ECONOMY RESTRICTED
PE.PENALTIES
>
FROM/TO JKT FOR KLRIBTN2 TYPE FARES

CHANGES

ANY TIME
CHANGES PERMITTED.
NOTE –
CHANGES PERMITTED FREE OF CHARGE.

CANCELLATIONS

BEFORE DEPARTURE
CHARGE QAR 350 FOR CANCEL/REFUND.
WAIVED FOR DEATH OF PASSENGER OR FAMILY MEMBER.
NOTE –
OFFICIAL DOCUMENTATION REQUIRED IN THE CASE OF
DEATH OF PASSENGER/FAMILY MEMBER.

AFTER DEPARTURE
CHARGE QAR 350 FOR CANCEL/REFUND.
WAIVED FOR DEATH OF PASSENGER OR FAMILY MEMBER.
>
NOTE –
CANCELLATIONS PERMITTED –
CHARGE QAR 350 PLUS APPLICABLE FARE FOR USED
SECTOR.
————————————————–
OFFICIAL DOCUMENTATION REQUIRED IN THE CASE OF
DEATH OF PASSENGER/FAMILY MEMBER.
CHARGE QAR 190 FOR NO-SHOW.
>

Jadi intinya, cancel tiket yang sudah dibeli akan diperbolehkan dengan charge sebesar 350 QR dengan catatan alasanya karena ada kematian dari penumpang atau keluarga penumpang, reschedule dapat dilakukan kapanpun dan free of charge. Dibagian akhir ada tulisan “change 190 QR for no-show”. Saya cari tahu lebih lanjut, batas no-show sekitar 3 jam sebelum keberangkatan. Dalam arti jika cancel 3 jam sebelum departure maka akan dianggap no-show, dan chargenya 190 QR.

Saya segera telp call center Qatar Airways. Satu hal yang juga saya salut adalah call center QA sangat mudah dihubungi (belakangan saya sempat sangat kesal dan membanding-bandingkan karena berusaha merubah tiket G***** yang telah dipesan namun call centernya susah dihubungi bahkan oleh orang tua yang tinggal di Indonesia), dari call center tersebut saya menanyakan perihal cancel penerbangan dan menanyakan kepastian charge-nya. Ternyata jawaban dari pihak call center sama dengan yang tertera di fare policy, kena charge 190 QR per person karena dianggap no-show. Segera saja saya katakan kepada istri, dan kami sepakat untuk cancel pagi hari itu dan memindahkan jadwal penerbangan ke bulan agustus agar bareng dengan saya.

Perlu diperhatikan bahwa tiket yang saya beli adalah “Economy Restricted” alias yang paling murah, bukan yang Flexible. Namun untuk reschedule di hari yang sama dibulan agustus pihak call center mengatakan akan mengecek terlebih dahulu availability nya, jika kelas yang tersedia lebih mahal maka saya harus membayar lebih. Namun setelah menunggu sekitar 3 menit, call center tersebut mengatakan kelas yang sama masih availabe sehingga saya tidak ada biaya tambahan, cuma harus membayar “no show” fee saja. Biaya yang harus dibayar adalah 190 QR x 3.

Otorisasi pembayaran langsung via telp, saya menyebutkan detail kartu kredit saya. Sebetulnya saya termasuk yang “parno” apalagi menyebutkan informasi kartu kredit begitu saja, bisa jadi itu orang menggunakan untuk diri sendiri dikemudian hari, tapi saya percaya bahwa di Qatar kriminalitas seperti itu prosentase-nya mendekati nol. Call center sudah tentu me-record seluruh pembicaraan, dan semua orang di Qatar bersyukur atas pekerjaan yang mereka miliki serta kuatir jika melanggar aturan sedikit saja walaupun tidak disengaja maka akan beresiko kehilangan pekerjaan, apalagi jika disengaja. Aturan hukumnya sangat ketat, jadi saya percaya saja untuk melakukan “Voice Authorisation” disini. Namun pihak call center seperti layaknya pemesanan online via website QA jika kita menggunakan kartu kredit untuk keluarga namun nama kita tidak tercantum di tiket yang bersangkutan, maka mereka akan meminta klarifikasi berupa docs dsb. Tidak masalah selama tiket aman.

Sekitar 3 jam kemudian saya menerima SMS dari bank bahwa charge atas “Voice Authorisation” dari QA telah di approve, dan totalnya adalah 1×130 QAR dan 2×90 QAR. Sejenak saya kaget, karena saya belum menerima email apapun dari QA untuk otorisasi kartu kredit tapi kenapa sudah ada tagihan?dan jumlahnya pun berbeda, segera saya berpikir mungkin itu adalah biaya untuk service call center. Namun ternyata jauh lebih kaget lagi begitu melihat email ternyata tiket yang baru untuk istri dan anak-anak sudah dikirimkan oleh pihak QA. Biaya yang diambil melalui kartu kredit adalah biaya “no show” untuk istri & anak-anak, dan ternyata dapat diskon pula!

Tiket Baru Istri Tiket Baru Anak

Entah karena menjelang ramadhan (Qatar menjelang ramadhan terkenal murah hati, salah satunya kebutuhan barang pokok malah turun menjelang ramadhan, cukup berbeda dengan kondisi di tanah air yang malah naik), atau saya dan keluarga lagi beruntung saja. Dan mengenai klarifikasi kartu kredit karena sebelumnya sudah saya lakukan (saat memesan tiket online via website) mungkin tidak perlu dilakukan lagi karena datanya masih ada di pihak QA.

Sebelumnya saya selalu stress jika ingin berangkat naik pesawat, malamnya bisa tidak tidur karena takut ketinggalan pesawat. Tapi dari pengalaman ini menunjukan bahwa jikapun kita terlambat dan “no show”, walaupun tiket kita adalah economy restricted, tapi masih bisa di reschedule dan bayar setidaknya 190 QAR per tiket.

Saya jadi teringat beberapa tahun yang lalu ketika ada pekerjaan di palembang dan ketika pulang saya sempat dinyatakan terlambat oleh pihak airport, memang sudah lewat batas kurang dari satu jam sebelum keberangkatan (sekitar 50 menit lagi mau berangkat lah) namun sudah tidak bisa lagi, padahal waktu itu airlines nya adalah yang terbaik (G*****), belakangan saya baru tahu ternyata disana banyak terdapat aksi calo. Jadi tiket saya sudah diambil oleh orang lain yang butuh untuk terbang saat itu. Alhasil saya beli tiket baru setelah mendapatkan pesan dari ayah saya untuk tidak macam-macam protes di daerah palembang (saya sempat protes keras dan masuk ruang petinggi airport-nya), untungnya diganti oleh perusahaan.

Inilah bedanya the real 5 star airways, bukan hanya in-flight nya namun ragam service termasuk cancellation seperti ini terakomodasi dengan sangat baik. Thumbs Up, QA!

2 thoughts on “Qatar Airways – No Show

Leave a Reply

