Google, What is The Title of This Song?!

Pertanyaan pada judul diatas seringkali muncul dibenak saya, sering mendengar lagu bagus misalnya di radio tapi saya tidak tau judulnya. Kalo tau kan ceritanya ingin download gretongan MP3 nya dari internet :p. Akhirnya terpaksi search via lyrics yang kira-kira masih ingat.

Saya sering berpikir alangkah enaknya jika bisa bertanya pada google. Klo menemukan potongan lagu, record sebentar via device apapun seperti handphone trus mengunjungi google dan upload, sesaat kemudian google akan memberitahukan judul serta nama penyanyinya. Andaikan bisa begitu (atau memang ada ya?).

Nah, beberapa minggu yang lalu saya membuat playlist saat wedding anniversary untuk istri dan diupload ke youtube. Playlist foto-foto tersebut background-nya lagu christina perry “a thousand years”. Hasil upload di youtube tidak bisa dilihat melalui mobile device seperti samsung galaxy ataupun iPhone, namun bisa dilihat melalui desktop. Setelah mencari tau ternyata google memberlakukan seperti itu karena dia tau dalam video tersebut ada lagu dengan copyright tertentu. Memang benar saya melanggar.

Karena penasaran saya buat kembali playlist-nya dengan mengubah informasi lagu seperti judul dsb dengan harapan bisa membohongi google, namun ternyata hasilnya nihil. Google tetap tau klo itu adalah lagu christina perry.

Screen Shot 2013-07-06 at 10.40.17 AM

Lebih terkejut lagi ketika dibagian video manager, hasil upload an saya yang lain ketika mengambil video jasmine perform dengan kelasnya KG1 A di Middle-East International School dimana sound track dari performance mereka menggunakan sebuah lagu. Saya sendiri tidak begitu peduli dengan judul lagunya walaupun sebenarnya sempat ingin tahu juga. Ternyata video tersebut kena copyright noticed oleh google, dan google memberitahukan judul lagunya.

Screen Shot 2013-07-06 at 10.42.30 AM

Sebagai orang yang berkecimpung di dunia IT, saya sebenarnya tidak terlalu heran membohongi google dengan memberikan informasi palsu saat membuat playlist tidak berlaku, bahkan dengan hasil video shoot dimana terdengar sebuah lagu saja google bisa memberitahukan dengan tepat judul lagunya. Dalam dunia programming tentunya ada algoritma tersendiri untuk bisa mendapatkan hasil seperti ini. Intinya berarti google bisa menjawab informasi detail sebuah lagu apabila kita bertanya padanya, apa kira-kira saat ini sudah ada aplikasi seperti itu (atau via google API mungkin?).

Anw, ada satu lagu yang sampai detik ini saya tidak bisa mendapatkan judulnya. Enam tahun yang lalu ketika saya ‘nembak’ istri disebuah warung makan, ada pengamen yang membawakan sebuah lagu. Ketika itu saya sempat merekam proses ‘penembakan’ dan masih disimpan hingga saat ini. Ketika didengarkan kembali saat itu ternyata cukup mengejutkan, somehow ketika nembak background nya pas sekali dengan lagu yang dibawakan sang pengamen sehingga membuat suasana terdengar seperti di film-film hehehehe. Kira-kira apa google bisa memberitahukan judulnya apabila saya upload sekarang ya? 🙂

Leave a Reply

