Weird Day

Hari ini sekitar jam 11:20 dibangunkan istri untuk shalat jumat, begitu lihat handphone ada 3 missed call dari customer. Tidak terdengar karena hape dalam kondisi silent. Telp customer sempat di komplain dan samar-samar (maklum baru bangun) terdengar dia bilang telp dari jam 9 gak diangkat, saya minta maaf dan bilang lupa kasih no telp flat, karena dengan customer yang lain saya sudah berikan no telp flat jadi kalau hari libur ataupun tengah malam somehow ada masalah dengan sistem dan hape tidak bisa dihubungi maka bisa telp ke rumah.

Karena sudah jam 12:35 buru-buru mandi, pakai baju, nyalain mobil, cabz. Di tempat parkir sempat melihat mobil tetangga banyak yang tidak ada, heran juga jum’at yang terhitung hari libur di Qatar siang-siang begini pada pergi kemana, apa karena mau EID?nyalain radio biasanya ada pembahasan hadits setelah adzan jumat, namun ternyata sudah lagu-lagu biasa. Berarti udah cukup lama telatnya sejak adzan jumat, memang pembahasan hadist itu hanya sekitar 10-15 menit setelah adzan jumat. Sampai dijalan mobil-mobil tidak seperti biasanya, jalanan cenderung lebih ramai. “Menjelang EID orang-orang Qatar pada keluar rumah nih…”, sambil ngebut cuma itu yang terpikirkan. Masjid di compound tempat saya tinggal ada juga shalat jumat, cuma khutbah-nya dalam bahasa arab, jadi saya lebih memilih ke masjid dekat salah satu mall (Villagio) dimana khutbah jumat nya menggunakan bahasa inggris. Bukankah salah satu keutamaan shalat jumat mendengarkan khutbah dengan baik?

Begitu sampai di pelataran parkir masjid villagio saya sangat terkejut karena parkiran yang biasanya ramai mobil apalagi jika datangnya telat ini tidak ada mobil sama sekali. Ada sesuatukah di villagio karena isu-nya akan dibuka kembali setelah kebakaran kemarin per tanggal 15 Agustus, atau jangan-jangan hari ini EID di Qatar jadi tidak ada shalat jumat. Saya mendekati masjid dengan mobil dan kebetulan ada security, langsung saja saya tanya:


Saya: “Where is jumah pray?” – sambil lihat jam di mobil yang menunjukan pukul 12 dan berpikir apa jam nya terlambat jadi seharusnya ini sudah lewat dan jumatan selesai, tapi jam di rumah juga jam 12 kok!

Security: “jumah what?”

Saya: “Pray…pray…”

Security: “Aaah…you want to pray, yes, just park there around the mosque” – sambil nunjukin tempat parkiran yang biasa

Saya: “Hah…?!”

Dan, saat itulah otak saya mulai sinkron dan kembali ke alam sadar. Cek hari di handphone menunjukan kata “THURSDAY”!!!

Dalam perjalanan pulang semuanya menjadi jelas mulai dari telp customer, parkiran yang sepi di compound (ya iyalah, wong hari normal kerja), jalanan yang ramai padahal biasanya jumat tuh sepiii bngt, dan…gak ada yang jumatan T_T.

Sejak bulan ramadhan di Qatar saya dan keluarga bisa dibilang mahluk malam, anak-anak yang semula dari Indonesia tidur cepat perlahan-lahan mulai mundur jam tidurnya. Dan ini normal karena saat ini summer, orang-orang diluar pun cenderung mengalami hal yang sama dan anak-anak banyak sekali yang shalat malam (tahajjud) di masjid (insya allah ditulis berikutnya mengenai ramadhan di Qatar). Terutama sejak 10 hari terakhir ini dimana masjid-masjid menyelenggarakan shalat malam mulai dari jam 01:00 AM – 03:00 AM, dan pekerjaan di kantor yang alhamdulillah santai sehingga jarang ngantor membuat kehidupan di rumah saya mulai dari jam 10 – 11 AM sampai jam 5 AM setelah subuh ke-esokan harinya. Sejak habis subuh sampai menjelang dzuhur semua tertidur pulas, alhasil udah gak tau hari lagi. Ditambah lagi kemarin 2 rekan dari Indonesia mudik dan tanpa pikir panjang saya berasumsi mereka mudik hari kamis karena itu hari weekdays terakhir di Qatar, gak nyangka mereka mudik hari rabu hehehe…

Leave a Reply

