iPhone (not_really) Disabled

Pagi ini ketika membuka iPhone untuk melakukan panggilan telepon saya lihat iPhone dalam keadaan disabled, seperti biasa iPhone dimainkan oleh anak-anak dan karena di lock pakai pin setelah beberapa kali mereka salah mencoba akhirnya disabled. Kebetulan saat itu saya sedang berada di mobil hendak menuju kantor. Kebetulan dalam mobil ada fasilitas untuk koneksi ke iPhone / iPod / iPad, dan seperti biasa saya colokin itu iPhone dan dalam sekejap fungsi pemutar musik (iPod) berjalan normal.

Saya jadi terpikir “loh kok bisa ya?”, karena kalau saya ingin mengontrol via iPhone kan tidak bisa membuka iPhone nya karena dalam keadaan disabled, tapi melalui perangkat multimedia di mobil saya bisa memilih jenis lagu yang di inginkan. Lantas saya berpikir kalau begitu seharusnya saya bisa donk menelpon melalui fasilitas phone yang telah terintegrasi dengan sistem multimedia mobil (GMC Cadillac versi SRX-4).

Asumsi saya melalui 2 buah koneksi, yang pertama melalui bluetooth dan melalui kabel yang terkoneksi ke port nya iPhone. Biasanya saya memang menerima panggilan telpon hanya dengan menekan satu tombol di bagian steer karena sudah terintegrasi dengan bluetooth, tapi karena kali ini iPhone nya terkoneksi melalui kabel saya rasa koneksi ke mobil melalui kabel. Jika melalui bluetooth ya bisa lah di maklumin karena sebelum menggunakan bluetooth maka harus dilakukan peering yang berarti sebelumnya iPhone sudah harus dalan kondisi enabled (terbuka homescreen nya), kalaupun dalam kondisi disabled saya bisa pakai bluetooh maka celah tersebut tidak terlalu signifikan dalam hal security.

Nah yang menjadi masalah setidaknya dalam keadaan disabled iPhone saya masih bisa dipakai untuk mendengarkan musik, saya belum pernah mencoba dengan test iPhone dalam keadaan disabled dan dimasukan ke dock seperti speaker apakah bisa atau tidak, namun yang pasti dengan test melalui dock multimedia mobil (via usb) kondisi disabled iPhone tidak berpengaruh alias masih tetap bisa dipakai.

Pengaruhnya dengan security? ya anggap saja kita mencuri iPhone milik seorang pejabat, walaupun tidak tahu PIN nya tapi tetap bisa di colok ke multimedia mobil seperti ini dan bisa melihat isi phone book, history call list, dan yang paling penting…tetap bisa melakukan panggilan telepon walaupun melalui iPhone aslinya sudah di blok karena disabled.

UPDATE1: ternyata saya yang salah, feature phone list yang available dan bisa menelepon diatas terjadi melalui fasilitas “bluetooth”. apabila bluetooth dimatikan ya telpon tidak bisa digunakan. namun ini lebih dikarenakan fasilitas multimedia yang available juga hanya bisa membaca fungsi iPod dari iPhone, dalam kondisi normal pun ternyata selama ini fasilitas telp yang terkoneksi ke mobil hanya melalui bluetooth, tidak pernah melalui kabel.

Berikut ini penampakannya,

This slideshow requires JavaScript.

Nah sekarang bagian yang paling penting, dengan terbukanya External Accessories API untuk berkomunikasi dengan iDevice berarti fungsi PIN tidak ada gunanya terutama apabila iPhone kita hilang?berarti data-data didalamnya bisa di-retrieve dengan mudah?

Bukan berarti External Accessories API diatas tidak bisa digunakan sama sekali, bisa jadi apple sudah me-restrict apa saja yang bisa dilewatkan melalui kabel usb, bisa jadi fungsi telepon bisa tetap digunakan asalkan tau API-nya. Yah sebatas prediksi aja lah…

Yang pasti tulisan awal bisa dibilang gagal karena experiment nya gak valid hehehe…

2 thoughts on “iPhone (not_really) Disabled

  1. Maaf saya melenceng dari topik pembahasan di blog posting anda, saya mau tanya mengenai jailbreak iPhone. Apakah iPhone anda di jailbreak atau tidak? Saya berencana membeli iPhone namun saya bingung harus di jailbreak atau tidak, karena ada kekurangan dari jailbreak seperti hilangnya garansi dan apabila gagal iPhone akan mati total. Atas sarannya terima kasih.

    1. mbak ayu, iphone yang dijailbreak itu bisa dikembalikan seperti semula (seperti iphone original) dengan sangat mudah kok asal kita tau caranya, klo gak tau caranya bisa ke tukang service untuk minta dikembalikan seperti semula. saya dijailbreak juga, tapi berkali-kali saya kembalikan ke original nya kalau ingin menikmati feature2 terbaru dari iphone.

Leave a Reply

