Trend Startup

Akhir-akhir ini saya melihat trend startup mulai bergejolak diantara generasi muda Indonesia khususnya generasi muda bidang IT. Saya sendiri termasuk yang teracuni serta berhasil dibuat jealous oleh komunitas muda tersebut, salah satu contohnya adalah komunitas startup-lokal. Jika membaca isi mailing listnya sering membuat ‘panas’, panas karena iri melihat mereka masih muda (umumnya generasi kuliahan) dan berani mengambil keputusan untuk mengembangkan suatu produk serta membuat perusahaan sendiri untuk menjual produk tersebut dibandingkan bekerja pada suatu perusahaan.

Sayang sekali tahun 2006 lalu dunia startup tidak terdengar seperti sekarang gaungnya, ketika itu masih populer (setidaknya pada lingkungan saya) lulus kuliah dan bekerja di perusahaan-perusahaan besar ternama dengan skill yang dimiliki. Jika saja trend startup sudah mulai seperti sekarang dan kebetulan bertemu dengan komunitas yang cocok bisa jadi saya lebih tertarik untuk membuat startup company hehehe…(tapi produknya apa yak :p).

Nah, yang diracuni oleh trend startup sekarang ini tentu saja generasi muda, terutama generasi muda kuliahan. Klo yang saya lihat dari berbagai tempat diskusi dimana saya kebetulan membaca isi diskusi tersebut, anak-anak muda ini banyak yang galaw (istilah jaman sekarang nih). Mereka melihat contoh seperti bill gates, steve jobs, ataupun yang baru-baru ini, mark zuckerberg, dimana lebih memilih untuk tidak menyelesaikan kuliah dan membuat perusahaan sendiri hingga sukses besar. Trend ini tentunya membuat generasi muda kuliahan yang memang cenderung belum stabil terlebih dengan fakta menyeramkan bahwa lulusan kuliah jaman sekarang belum tentu bisa mendapatkan pekerjaan menjadi kurang bersemangat menjalani sisa masa kuliah dan berpikir ijazah kuliah mereka tidak akan lebih berharga dibandingkan apa yang bisa dicapai oleh para founder startup company yang memilih untuk cabut dari kuliah.

Kebetulan malam ini saya membaca topik tersebut ketika iseng buka-buka forum devilzc0de, dan…tergelitik untuk ikut berceloteh mengenai pandangan saya akan hal ini. Berhubung tempat diskusi tersebut berupa forum yang mengharuskan untuk login / register, maka saya kopi-paste saja celotehan saya itu disini, tentunya dengan harapan siapa tau ada mahasiswa galaw yang kebetulan membaca bisa lebih semangat lagi dalam mengejar cita-citanya / menentukan pilihan hidupnya :).

Demam sukses tanpa ijazah sedang melanda indo juga kok, bisa dilihat dari tumbuhnya beragam startup lokal di indonesia. dan klo melihat fakta startup company (punya visi / produk dan buat perusahaan utk fokus di bisnis produk tsb), gak semuanya sukses. Jangankan di indonesia, di sillicon valley USA sana juga selain microsoft, apple, facebook, twitter, banyak startup company lain yang tidak terdengar namanya atau bahkan gulung tikar.

Sukses tanpa ijazah sih memang sepertinya sudah garis takdir orang-orang yang memiliki bakat / jalan hidup di dunia bisnis, gak perlu bidang IT, bidang non-IT juga banyak yg bisa jadi contoh seperti bisnis makanan, bisnis barang bekas, dsb. Gw sndr sempat lihat orng dekat yang lbh dari 10 tahun lalu cuma modal duit 1jt dan tinggal di rumah kecil utk penjaga masjid, tp trus dia menggeluti bisnis percetakan, sekarang omset nya sudah bilangan Milyaran padahal cuma di salah satu kota kecil di banten.

Menurut gw yang mempengaruhi tetap, pilihan jalan hidup. Orang-orang seperti 3 jagoan IT di awal thread ‘nekat’ ninggalin kuliah karena mereka sudah menentukan apa yang ingin dicapai dan bersikeras untuk menjalaninya. Klo memang ada yang sekarang kuliah tp merasa kurang sreg, dan memiliki hal lain yang dirasa lebih baik utk dijalani tahun-tahun kedepan (contoh: menjadi musisi, buat perusahaan sndr, dsb) maka silahkan dijalani. Namun utk yg belum bisa menentukan ‘akan jadi apa’, atau belum memiliki sesuatu yang menjadi pilihan hidupnya, maka menjalani sisa masa kuliah bukan sesuatu hal yang jelek juga. Sebagai bahan pertimbangan, gak semua orang loh harus jadi founder / pemimpin perusahaan. Klo semua orng mo jadi pemimpin, maka perusahaan tersebut tidak akan pernah bisa berjalan. Orang-orang seperti bill gates, steve jobs, ataupun mark zuckerberg mempekerjakan ratusan bahkan ribuan engineer kelas atas yang gw yakin di tempat kuliahnya gak sembarangan. Mereka adalah lulusan-lulusan terbaik dari tempat kuliahnya seperti harvard, MIT, dsb. Mereka di rekruit oleh perusahaan seperti Microsoft untuk membantu mewujudkan visi perusahaan tersebut membuat produk windows yang lebih baik misalnya, ataupun bekerja untuk mengembangkan bisnis microsoft dalam hal finansial, ataupun bekerja untuk microsoft dalam hal marketing.

Klo sudah begini balik lagi ke jalan hidup, ada yang jalan hidupnya menjadi pemimpin perusahaan dengan visi / misinya, ada yang jalan hidupnya membantu pemimpin perusahaan tersebut mewujudkan visi / misi perusahaan. Klo semua orng mo menjadi petani, nanti siapa yang akan membeli hasil panen nya?klo semua orang mo menjadi artis, nanti siapa yang akan menikmati akting artis tersebut?kira-kira seperti itu…

Jadi untuk yang sekarang masih kuliah dan belum memiliki visi atau kuatir akan masa depan, ada baiknya dijalani dengan sebaik-baiknya sampai lulus kuliah. Tapi dengan satu prinsip bahwa kuliah bukan hanya untuk mengejar ijazah, tapi harus ada sesuatu yang kamu dapatkan. Bukan hanya untuk menyelesaikan tahun-tahun di tempat kuliah tapi belum siap dengan pertanyaan “akan kemana setelah kuliah?”. Tetapkan suatu pilihan, kejer pilihan tsb, klo bill gates pilihan nya keluar harvard utk bikin perusahaan, pilihan kamu bisa dengan misalnya mau memiliki skill handal di bidang IT security sehingga menghabiskan waktu berjam-jam mengasah skill tersebut dengan tujuan ketika lulus nanti bekerja di bidang IT security (menjadi konsultan security).

Good luck 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s