Salad khas arab

Saya sampe sekarang masih penasaran sama makanan yang satu ini. Ketika di kuwait saya diberitahu oleh teman bahwa orang arab itu walaupun makan nya banyak serba daging namun lebih terjaga dari bahaya kolesterol. Alasannya adalah karena mereka biasa mengkonsumsi beragam jenis salad yang asam-asam bersamaan dengan makan daging. Makanan asam itu katanya bisa melarutkan kolesterol sehingga aktivitas hobi makan daging lebih aman. Katanya sih di sunnah kan juga untuk mengkonsumsi salad-salad tersebut ketika makan, mungkin sama dengan di Indo dianjurkan makan sayur ya.

Anyway, ini nih jenis salad yang paling saya suka. Rasanya asem bngt dan di lidah tuh wah susah deh bilang nya, maknyuss deh dan membuat selera makan bertambah. Sampe saat ini setiap nanya sama orang selalu di bilang “cucumbar” tapi gak tau itu cucumbar apaan. Info terakhir dari rekan poland yang saya ajak makan di restoran lebanon bilang di negara dia terutama di daerah village nya di produksi cucumbar seperti itu, yang saya tangkap sih itu seperti proses membuat asinan. Jadi kata dia cucumbar dimasukin ke suatu cairan yang sudah diolah terlebih dahulu, sehingga menghasilkan timun yang lembek dan asam seperti itu. Dan dia cukup terkejut juga kok ternyata ada di restoran khas lebanon.

Saya belom sempat aja mo bawain contoh nya untuk istri, so far sih istri saya klo sudah merasakan dia bisa buat kopian nya (saya selalu bilang kyk orang cina aja jago ngopi barang, cuma ini makanan :p).

Ini nih gambarnya (yang berwarna hijau).

Nah, ada yang tau gak itu apaan?setidak nya namanya deh, biar gampang googling nya…

2 thoughts on “Salad khas arab

Leave a Reply

