Taman Rumah

Sejak dulu saya selalu ingin memiliki dan merawat tanaman terutama dalam bentuk taman, dan baru sekarang-sekarang ini terlaksana. Kebetulan bentuk bangunan dalam rumah memungkinkan untuk dibentuk taman kecil, ingin nya sih mendesign dan merawat taman halaman depan namun sebagai percobaan dilakukan dulu untuk yang ukuran nya kecil.

Untuk proses menanam nya menggunakan bantuan tukang taman karena saya belum memiliki pengalaman sama sekali dalam hal mengolah tanah menjadi tampat yang cocok untuk tanaman. Proses pemasangan rumput plus rumput nya memakan biaya sebesar Rp. 13,000 untuk jenis rumput jepang dan Rp. 15,000 untuk rumput gajah. Sekilas saya lihat bentuk rumput jepang lebih bagus karena halus-halus begitu dibandingkan rumput gajah, tapi harganya lebih murah. Ternyata alasan nya adalah karena rumput gajah lebih ‘mandiri’, tanpa perawatan pun bisa tumbuh dengan baik sedangkan rumput jepang cenderung perlu perawatan.

Well, karena lebih suka dengan jenis rumput jepang akhirnya saya putuskan memilih rumput jepang. Untuk design taman nya saya sempat bingung juga karena tidak ada referensi sama sekali, dengan bermodalkan bayangan dan contoh bunga yang dibawa oleh tukang taman tersebut akhirnya dibuatlah design dengan konsep:

1. Taman nya dibagi menjadi tiga bagian: kiri, tengah, dan kanan. Bagian kiri dan kanan di pasang bunga-bunga sedangkan bagian tengah untuk sementara full rumput. Semula bagian tengah ingin dipasang ayunan kecil tapi akhirnya gak jadi karena bentuk ayunan yang dilihat pada toko ternyata terlalu besar untuk taman nya. Mungkin nanti akan dipasang jenis tanaman bonsai, we’ll see…

2. Dibagian kiri ada pompa air, dan saya ingin bagian pompa tersebut di tutupi oleh jenis tanaman yang tinggi. Pilihan jatuh ke tanaman yang biasanya terdapat disekitar kolam, kalau tidak salah namanya wild chives atau chives flower gitu deh. Di sekitar wild chives ini rencana ada tanaman bunga, dengan melihat bentuk chives flower yang tinggi akhirnya pilihan jatuh ke jenis bunga kancing.

3. Di bagian pinggir sekeliling taman dipilih kucai, yang belakangan baru saya tau klo ternyata kucai ini awal nya cenderung berbentuk rumput tapi bisa memiliki bunga berwarna putih yang cukup bagus :p.

4. Di sebelah kanan full bunga-bunga. Bungan yang dipilih campuran, saya kurang tau namanya karena ini langsung milih di tempat jual tanaman, yang pasti campuran antara warna merah dan kuning. Setelah 2 minggu saya juga baru tau klo tanaman jenis ini bisa memunculkan pucuk baru yang saya rasa nantinya akan membentuk kelopak-kelopak bunga tambahan, dan berarti bunga jenis ini nantinya dapat tumbuh lebih tinggi.

Hum, nanti blog nya di update dengan jenis-jenis bunga satu per satu, untuk sekarang penampakan taman nya setelah 2 minggu saja.


Saya cukup menyesal juga tidak dari dulu mewujudkan mengurus tanaman, karena ternyata sangat menyenangkan. Somehow, saat menyiram tanaman dan merapihkan bunga-bunga serta membersihkan taman tersebut, rasanya benar-benar menghilangkan kepenatan :D.

2 thoughts on “Taman Rumah

Leave a Reply

