Fixed Missing 3-Button Combo

Saya sama sekali tidak pernah tertarik untuk mengikuti isi kaskus sampai beberapa hari yang lalu secara tidak sengaja terlempar ke salah satu sub-forum kaskus yang membahas ttg gadget. Dan yang paling penting adalah thread index dimana dilakukan kategorisasi berdasarkan jenis gadget yang telah dibahas di forum. Kudos to that TS.

Berhubung saya memiliki samsung galaxy s yang dibeli tahun lalu namun saat ini digunakan oleh istri, iseng-iseng lihat thread samsung galaxy s. Another kudos, disajikan dengan singkat namun padat mengenai berbagai istilah yang berhubungan dengan android-stuff dan galaxy s *tambah amazed dan baru ngerti kenapa internet user indon hobi buka kaskus tiap hari ;)*.

Saat di kuwait saya sempat pakai samsung galaxy s dan iseng-iseng ingin coba melakukan update dan modifikasi, tapi terbentur masalah 3-button combo untuk masuk ke recovery mode. Well, tentu saja akan selalu ada benturan dan biasanya itulah hal menyenangkan sebagai tantangan untuk di hadapi, namun karena waktu itu cuma lewat saja jadi malas untuk mencari tau lebih jauh lagi. Sekarang kembali menemukan masalah yang sama, semua orang selalu bilang bahwa untuk masuk ke recovery mode pada samsung galaxy s adalah dengan:

1. power off samsung galaxy s nya.
2. tekan tombol volume-up + tombol home + tombol power.
3. saat muncul logo samsung galaxy s pertama kali, lepas tombol power.
4. masuk ke recovery mode.

well, failed.

berikut ini informasi current firmware samsung galaxy s yang digunakan,

PDA: I9000DXJG4
Phone: I9000DXJG4
CSC: I9000OLBJG4

detail untuk informasi kode-kode diatas dapat di extract dengan membaca page-1 kaskus thread samsung galaxy s.

Dari hasil googling dan reply dari kaskus ternyata ada juga yang tidak bisa masuk ke recovery mode, sambil mencari informasi lebih lanjut saya coba hajar (karena tidak sabar) dengan melakukan rooting android nya menggunakan salah satu informasi dari thread xda developer. Berhubung saya menggunakan Mac maka yang digunakan adalah tools untuk mac. Saat itu cukup terkejut karena menggunakan tools tersebut bisa masuk ke recover mode setelah reboot, padahal dengan 3-combo button gak bisa. Belakangan saya baru tau bahwa masuk ke recover mode bisa dilakukan *secara software*, yaitu dengan menggunakan adb.

Dari hasil pencarian barulah didapatkan informasi dari thread berikut ini (klo gak salah di kaskus juga ada yg pointing ke thread tsb, tp saat itu belom nyambung, maklum newbie). Intinya adalah samsung galaxy s yang saya gunakan memiliki masalah untuk melakukan 3-combo button agar dapat masuk ke recovery mode. Customer Bell (spt nya operator di usa yang juga menggunakan varian dari samsung galaxy s) diberikan update yang dapat melakukan fix pada samsung galaxy s sehingga bisa masuk ke recovery mode melalui 3-combo button, dan thread xda developers diatas melakukan modifikasi agar patch tersebut dapat juga di applied ke samsung galaxy s melalui odin. So, tinggal ikutin langkah-langkah nya dan voilla, sekarang samsung galaxy s saya bisa masuk ke recovery mode dengan menggunakan 3-combo button.

Just in case somebody would find similar problem, the solution above will fix that issue.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s