Exploits Pack: Eleonore v1.2

Dalam artikel kecoak elektronik yang terbit bulan Februari 2010 terdapat pembahasan mengenai Exploit Pack yang dikenal dengan nama Eleonore. Exploit pack yang digunakan sebagai contoh merupakan versi 1.2, walaupun dalam dunia kejahatan internet (crime scene) sudah ada versi yang lebih baru dengan beberapa feature tambahan.

Sebelum artikel tersebut dirilis, saya banyak berdiskusi dengan G.S mengenai crimeware, dan tentu saja salah satunya adalah eleonore. Artikel G.S memberikan gambaran mengenai crimeware tersebut yang masuk dalam kategori browser exploit pack, namun berhubung artikel yang diterbitkan oleh kecoak elektronik dalam format .txt maka tidak bisa memberikan gambaran lengkap cara penggunaan exploit pack tersebut.

Tulisan ini bertujuan untuk menunjukan secara lebih jelas isi eleonore dari sudut pandang pengguna, terutama interface-nya yang cukup sederhana. Proses instalasi control panel eleonore sangat sederhana dan mirip dengan aplikasi web berbasiskan php pada umumnya. Langkah pertama adalah membuat database/username/password untuk menyimpan data-data yang dibutuhkan oleh eleonore. Selanjutnya mendefinisikan nama database/username/password untuk mengakses database tersebut, serta login name dan password untuk mengakses halaman control panel admin pada file config.php. Sisanya cukup menjalankan file _install.php yang telah disediakan,

Setelah proses instalasi berhasil, maka kita dapat mengakses halaman control panel (stat.php) yang akan membawa pada menu login.

Dengan memasukan username/password yang terdapat pada file config.php sebelumnya, kita akan dibawa menuju halaman control panel admin.

Dari halaman tersebut maka kita dengan mudah dapat mengenali feature-featurenya, seperti halaman yang menyajikan bentuk IFRAME untuk dimasukan pada situs target sehingga pengunjung akan terjebak dan mengakses domain eleonore melalui IFRAME, referrer yang menunjukan korban datang dari situs mana saja, country yang menunjukan asal korban, serta daftar traffic yang menunjukan persentase keberhasilan. Persentase tersebut akan menunjukan berapa banyak korban yang terjebak dan berapa banyak korban yang terjebak serta berhasil di-eksploitasi untuk diinstall bot (load) pada komputer milik korban tersebut.

Demikian gambaran eleonore yang cukup banyak digunakan sebagai crimeware saat ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s