OpenSolaris on MacBook

Jadi ceritanya saya ingin install opensolaris di laptop MacBook Black, berhubung kondisi MacBook-nya sudah acak kadut sejak di install leopard akhir tahun 2007 silam, maka sekalian melakukan bersih-bersih. Kebetulan ada harddisk external 400G, jadi tinggal setup di salah satu partisi-nya menggunakan TimeMachine untuk backup, kemudian install ulang leopard, dan restore beragam file-file yang kiranya memang dibutuhkan alias penting.

Good.

Selanjutnya tinggal install opensolaris. Sebelumnya sudah pernah coba install under VMWare dan berjalan mulus-mulus saja, jadi saya rasa tidak ada masalah. Tinggal buat partisi baru dengan tools ‘diskutil’ MacOS, dan jalankan livecd opensolaris untuk fresh-install. Sayangnya saat proses pengecekan disk terdapat kegagalan, berikut ini log-nya:

[cc]

Timezone setting will be TZ=UTC
Set timezone
System reports enough physical memory for installation, swap is optional
disk partition info changed
Timezone setting will be TZ=Asia/Jakarta
Set timezone
Disk was changed
Disk contains valid Solaris partition
whole_disk = 0
diskname set = c8d1
Set fdisk attrs
fdisk: fdisk -n -F failed. Couldn’t create fdisk partition table on disk c8d1
Couldn’t create fdisk partition table on disk
Could not create fdisk target
TI process failed
Target instantiation failed exit_val=-1

[/cc]

Klo dilihat dari pesan error -nya sih sepertinya installer opensolaris mengalami kegagalan saat mau kutak-katik tabel partisi pada harddisk, dalam hal ini hubungan nya dengan MBR (Master Boot Record). Sebagai informasi, di sistem operasi MacOS yang diinstall pada hardware seperti MacBook maka bagian awal harddisk akan bertipe EFI. Bagian ini akan berisi boot loader yang berinteraksi dengan EFI. Nah, kelihatannya opensolaris yang menggunakan utility fdisk gagal melakukan modifikasi pada MBR tersebut.

Setelah googling sebentar saya menemukan artikel berikut ini, pada artikel tersebut tertulis cara untuk meng-update ‘disk id’ yang semula EFI untuk menjadi sama dengan ‘disk id’ filesystem OSX (HFS+).

[cc]

Change the EFI partition’s ID:
fdisk -e /dev/rdisk0
setpid 1
AF
write
quit

[/cc]

Setelah itu tinggal reboot dan lakukan instalasi OpenSolaris melalui Live CD. Langkah lengkapnya dapat dilihat pada blog tersebut. Namun blog tersebut menggunakan opensolaris yang dirilis sekitar tahun 2007, jadi jika kita menggunakan opensolaris yang terbaru (saya menggunakan 2009.06) maka hampir semua langkah manual yang perlu dilakukan telah terkonfigurasi secara otomatis.

Hm, kenapa opensolaris?! sebetulnya ini berhubungan dengan pekerjaan saya di dunia telekomunikasi. Sudah 3 tahun lebih pekerjaan saya berhubungan dengan sistem operasi Solaris, namun tidak pernah dipelajari secara mendalam atau serius. Berhubung kehidupan di dunia nyata semakin besar tantangannya dan tidak bisa setengah-setengah maka saya putuskan untuk lebih serius lagi menekuni bidang pekerjaan ini.

HLRD menggunakan Solaris serta Linux sebagai Operating Systemnya. Untuk Linux saya sudah cukup sering berinteraksi sejak di kuliahan sehingga tidak begitu kesulitan mempelajari teknologi baru di HLRD yang berjalan diatas Linux, yah semoga saja dengan opensolaris ini bisa lebih dalam lagi elmu solarisnya hehe…

Advertisements

3 thoughts on “OpenSolaris on MacBook

  1. Asslmkm,

    Mas Syarif boleh minta YM Idnya? saya mau minta advicenya nih ttg telco consultan, kalau berkrnan yah mas.

    Thanks before

    Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s