Core Specialist/Design di Brussel

Beberapa hari terakhir ada tawaran dari salah satu agency di UK (milanconsulting), agent tersebut mencari orang yang mengerti seluk beluk HLRi Siemens untuk clientnya. Posisi yang ditawarkan adalah permanent untuk wilayah Brussels, Belgium. Saya sendiri belum begitu jelas perusahaan apa yang disebutkan oleh agency tersebut, namun sepertinya sih semacam perusahaan konsultan yang menyediakan servis untuk operator telekomunikasi (GSM/UMTS) di Brussel, tebakan saya perusahaan tersebut menyediakan servis untuk Belgacom.

Di Indonesia sendiri juga ada perusahaan semacam itu, dan sepengetahuan saya ADA Cell adalah salah satu pemain awal di Indonesia.

Orang yang dicari untuk posisi ini harus menguasai perangkan core network NSN seperti media gateway dan MSS. Jelas bukan mainan saya. Namun ternyata juga dibutuhkan HLRi. Dan role-nya adalah menduduki posisi sebagai Core Specialist / Design. Jadi mungkin menjadi tenaga spesialis yang menjaga performa core network customer seperti audit database routing MSC, melakukan forecasting untuk kapasitas HLRi, melakukan audit traffic core network serta melakukan planning apakah butuh tambahan mesin dalam skala waktu tertentu, dsb. Menarik :).

Dari dulu saya sering kuatir karena skill yang dimiliki saat ini hanya sebatas mesin HLRi produk ex-siemens, yang alhamdulillah jadi produk HLR setelah merger NSN. Hal ini sangat riskan, karena jika projectnya habis atau sudah kadaluarsa (sepert saat ini dimana HLRi akan diganti oleh HLRD) maka kesempatan kerja overseas untuk konsultan HLRi sudah habis. Kalaupun ada itu sifatnya untung-untungan. Saya sempat berpikir dengan bekerja sebagai core specialist/design bisa mendapatkan pengalaman dibidang ini yang tentunya sangat berharga. Dan bisa dijadikan landasan pekerjaan saya untuk beberapa tahun kedepan. Dan yang pasti, karena sifatnya sudah design itu berarti levelnya lebih tinggi dan lebih luas dalam hal pengetahuan.

Sayangnya, pengalaman saya baru 3+ tahun, dimana untuk menduduki posisi permanen berpengaruh terhadap nilai rate salary. Tawarannya bisa dibilang kecil, terlebih lagi karena pajak di Eropa sampai 30%. Jadi saving tiap bulannya tentu tidak sebesar bekerja sebagai kontraktor. Perusahaan tersebut memerlukan 2 orang (yang saya yakin satu orang pasti experience di bidang MSC/MSS/MGW dan mereka butuh satu orang lagi untuk HLRi), satu orang sudah masuk dan pengalamannya sudah 6 tahun. Berdasarkan keterangan agency tersebut, orang itu juga keberatan dengan rate yang ditawarkan sehingga melakukan negosiasi harga yang akhirnya mendapatkan tambahan sekitar 50% dari harga awal, dan dia terima. Agency tersebut kemarin menawarkan hal yang sama kepada saya, mereka bilang rate-nya akan disamakan dengan orang yang sudah pengalaman kerja 6 tahun, namun tetap lebih kecil dibandingkan pekerjaan sebagai kontraktor :p.

Well, saya katakan kepada agency tersebut bahwa saya tidak begitu peduli dengan status permanent untuk saat ini. Dalam pikiran saya (yang mungkin memang sangat NAIF), status kontrak merupakan status yang cukup adil buat saya saat ini. Perusahaan boleh mencoba (trial) untuk melihat performa kerja saya, dan saya akan berusaha semaksimal mungkin bekerja dengan baik namun tetap mempertimbangkan apakah bekerja diperusahaan tersebut untuk jangka panjang akan menyenangkan. Terus terang hingga saat ini belum ada satu tempat pun yang membuat saya betul-betul ingin bekerja dalam jangka waktu lama. Tanzania ini adalah tempat terlama dimana saya habiskan waktu satu tahun penuh. Hal yang sama akan berlaku untuk negara belgium ini, walaupun saya tau negara eropa jelas akan sangat nyaman dan orang-orang mengatakan pada saya bodoh tidak langsung diambil, tapi tetap saja posisi kontrak rasanya cukup adil saat ini. Jika memang setelah beberapa saat saya merasa sudah merasa betah dan sudah waktuna berlabuh, maka saya tidak akan keberatan untuk bekerja dengan posisi permanen disana. Dan tentu saja tidak keberatan walaupun posisi permanen mendapatkan rate dibawah kontraktor, karena rasa nyaman ada harganya :).

Tapi belakangan ada juga terpikir masih belum puas loncat dari satu tempat ke tempat lain, rasanya jika memang masih diberi kesempatan dan rejeki oleh Allah masih tetap ingin keliling melihat berbagai belahan dunia. Dan yang pasti jika saya terima posisi di Belgium tersebut, saya akan kehilangan kesempatan kutak-katik mesin secara langsung dilapangan, apalagi belum sempat commisioning HLRD sendirian :(. Saya selalu beranggapan commisioning itu seperti menghasilkan suatu karya. Dari yang semula merupakan ceceran-ceceran informasi dan sistem, dengan melalui proses commisioning ceceran tsb akan menjadi satu dan terintegrasi dengan network yang sudah ada. Terutama apabila hasil karya tersebut dapat memuaskan client/customer, ada kepuasan tersendiri dalam mengerjakan dan melihat hasilnya.

Yah, lihat bagaimana kedepannya saja deh. Jika memang perusahaan tersebut setuju untuk menggunakan sistem kontrak dengan standar rate saat ini, rasanya worthed untuk meninggalkan HLRD paling tidak selama 6 bulan. Jika mereka setelah 6 bulan tidak puas dengan kinerja saya ataupun ternyata saya merasa bahwa dunia technical (commisioning, OAM) lebih menyenangkan maka bisa dengan leluasa putus kontrak. Namun jika posisi baru tsb bisa membuat saya fun dalam mengerjakannya, tidak ada salahnya menjadi salah satu tenaga permanen mereka. Yang pasti setelah selesai kontrak di Tanzania ingin pulang dulu ke Indonesia, insya allah berlibur menikmati saat-saat bersama keluarga di bulan Juni nanti.

Kalo gak dapet-dapet kerja juga setelah liburan nanti??? berarti rejeki kerja di Telco cukup sampai disitu dan sudah saatnya ganti bidang/profesi, apply untuk perusahaan IT atau Security mungkin? atau bisnis sapi potong? 😛

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s