Personality Test

Mahluk satu ini akhir-akhir ini sering tulis notes di Facebook yang isinya banyolan2, well..cukup menghibur terutama disela-sela waktu kerja (thx !!!). Dr notes terakhir ada ttg psikotest, iseng-iseng gw cobain test sederhana tsb yang bisa diambil dari sini. Berikut ini hasilnya:

Your view on yourself:

You are down-to-earth and people like you because you are so straightforward. You are an efficient problem solver because you will listen to both sides of an argument before making a decision that usually appeals to both parties.

The type of girlfriend/boyfriend you are looking for:

You like serious, smart and determined people. You don’t judge a book by its cover, so good-looking people aren’t necessarily your style. This makes you an attractive person in many people’s eyes.

Your readiness to commit to a relationship:

You prefer to get to know a person very well before deciding whether you will commit to the relationship.

The seriousness of your love:

Your have very sensible tactics when approaching the opposite sex. In many ways people find your straightforwardness attractive, so you will find yourself with plenty of dates.

Your views on education:

Education is very important in life. You want to study hard and learn as much as you can.

The right job for you:

You have plenty of dream jobs but have little chance of doing any of them if you don’t focus on something in particular. You need to choose something and go for it to be happy and achieve success.

How do you view success:

You are confident that you will be successful in your chosen career and nothing will stop you from trying.

What are you most afraid of:

You are afraid of things that you cannot control. Sometimes you show your anger to cover up how you feel.

Who is your true self:

You are mature, reasonable, honest and give good advice. People ask for your comments on all sorts of different issues. Sometimes you might find yourself in a dilemma when trapped with a problem, which your heart rather than your head needs to solve.

Pada situs tersebut ada beberapa test yang bisa dicoba. Well, mungkin untuk sebagian besar orang isinya hanya ‘jokes’ dan omong kosong, tapi dari hasil test tersebut untuk saya pribadi memang banyak benarnya. Namun yang paling menarik untuk saya adalah judul dari personality test yang saya coba tadi, yaitu Get to know yourself better.

Kita sering membaca philosophy yang menyatakan bahwa kita harus mengenal teman dengan baik, dalam teori perang disebutkan untuk mengenal musuh lebih baik agar dapat memenangkan peperangan, namun menurut saya dalam kehidupan memang yang paling pas adalah mengenal diri sendiri dengan baik. Dengan mengenal diri sendiri lebih baik daripada orang lain mengenal kita maka kita bisa mengukur kemampuan serta potensi-potensi yang ada dalam diri, mengenal kejelekan diri sendiri dan menerima kejelekan tersebut. Namun saya sering membaca (dan melihat) banyak orang yang tidak bersedia mengenal dirinya dengan baik karena takut akan kejelekan yang ada pada dirinya tersebut, yang ujungnya berakibat tidak mau menerima kenyataan dirinya sendiri. Dan mereka yang takut menerima kenyataan dirinya sendiri akan kesulitan memaksimalkan kemampuan yang ada pada dirinya.

Jika kita bisa lihat menembus kedalam orang-orang yang sukses, saya yakin kita bisa melihat bahwa mereka adalah tipikal individu yang memahami dirinya sendiri sehingga dapat memetakan kemampuan apa yang tersedia dalam dirinya dan bagaimana cara memaksimalkannya. Saya seringkali menilai dalam kesunyian, dalam arti jika bertemu orang lain (baik baru ataupun lama) sejak dulu sering sekali bertanya-tanya dalam hati kira-kira seperti apa orang yang ada dihadapan saya ini. Dan dari berbagai pengamatan selama ini, saya lihat orang-orang yang terbilang sukses di dunia (contoh: sukses dalam karir) adalah orang-orang yang memang memahami dirinya sendiri, bukan tipe orang yang masih bertanya-tanya “siapakah saya?!”. Hal ini semakin jelas ketika bekerja dan berhubungan langsung dengan orang-orang luar negeri yang menjadi petinggi di perusahaan seperti Direktur ataupun Head Of Departement. Walaupun sesungguhnya tidak semua petinggi tersebut memiliki tingkat personal yang disebut “paham dirinya sendiri” (kadang jadi pejabat karena kebetulan), namun beberapa petinggi yang saya nilai ‘kewl’ memang tampak memahami dirinya sendiri. Bahkan kalaupun dia adalah orang yang berhasil mendapatkan kesuksesan karena modal licik bisa dibilang orang tersebut memahami kemampuan dirinya sendiri sebagai “si licik” :).

Well, walaupun test tersebut kayaknya sih ecek-ecek tapi bagus juga untuk dijadikan ajang untuk mengenal diri sendiri dengan lebih baik. Yang pasti ada beberapa point penting (hell, that’s correct!) untuk menjadi bahan pemikiran langkah kedepan gw. Mungkin…sudah waktunya untuk serius fokus pada kehidupan dan mundur perlahan-lahan dari aktivitas lain di dunia baud yang menyenangkan itu…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s