Lowongan Overseas IP Network

Mungkin banyak yang berpendapat bahwa CCNA sudah ketinggalan jaman dan gak laku lagi. Saya masih ingat jaman dulu waktu pertama kali ambil CCNA sekitar tahun 2004, banyak yang bilang standar gaji untuk orang yang memiliki sertifikat CCNA min. 4 juta. Walaupun mungkin sebetulnya itu standar untuk 2-3 tahun sebelumnya. Pada saat itu yang memegang sertifikat CCNA sudah sangat banyak, bahkan anak-anak SMU pun sudah punya sertifikasi tersebut.

Umumnya pertimbangan gaji merupakan salah satu pemikiran orang mengambil suatu pekerjaan. Dan seiring dengan semakin banyaknya pemegang sertifikasi CCNA, seakan-akan sertifikat tersebut sudah tidak laku lagi di Indonesia. Sebetulnya hal yang wajar, dan sekarang minimal bersertifikasi CCNP, tapi CCNP tidak bisa diambil klo belum sertifikasi CCNA. Pada kenyataannya sekarang ini banyak sekali dibutuhkan orang-orang yang bersertifikasi Cisco (dan juniper), karena dunia sudah serba IP. Saya lihat lowongan-lowongan untuk overseas bidang IP network, umumnya mensyaratkan CCNA, CCNP. Dan bidang overseas ini tidak hanya sebatas network engineer atau network administrator, tapi sudah digunakan secara meluas oleh bidang telekomunikasi. Telekomunikasi mulai bergerak ke arah IP, terutama karena sebentar lagi akan mulai roll-out seluruh dunia untuk 4G yang notabene merupakan teknologi IP. Di vendor-vendor telekomunikasi sendiri seperti Ericsson Indonesia (dari yg saya dengar) sudah mulai mensyaratkan pengetahuan IP kepada para engineernya. Jadi para pemegang sertifikasi CCNA, CCNP semakin dibutuhkan didunia khususnya dunia telekomunikasi.

Jika jaman dahulu membicarakan gaji 4 jt per bulan untuk CCNA certified, saya rasa di bidang telekomunikasi akan mendapatkan lebih dari itu. Apalagi jika overseas, tentu akan berlipat-lipat dari itu. Dan negara-negara maju (USA, Europe, Middle-East) sangat membutuhkan resource-resource di bidang IP network ini, silahkan cari lowongan-lowongan overseas untuk CCNA/CCNP.

So, buat yang belum ambil sertifikasi cisco dan tertarik dengan bidang IP network, silahkan berusaha untuk lulus ujian sertifikasi tersebut. Materinya serta contoh ujiannya banyak bertebaran di internet, jadi tidak harus ikutan kursus khusus yang harganya jutaan. Happy Cisco Certified!

Advertisements

3 thoughts on “Lowongan Overseas IP Network

  1. 1.nice blog, numpang lewat…
    2.dari pengalaman, bagaimana cisco vs juniper vs alcatel vs tellabs dari sisi dalemannnya operator telco ya om ?
    3.sekarang server2/node telco OS nya dah move on ke linux ya dari sebelumnya Solaris ?
    4.klo di overseas, like afrika minimal CCNP ya ? note : minimal mean just certified or experience without certified
    5.terima kasih

  2. Hello giarto,

    Saya krng tau perbandingan beragam router, karena saya sendiri bidang nya pure telco. Jadi tidak menyentuh perangkat router secara langsung. Untuk server2 telco memang benar, sudah banyak yang migrasi dari solaris ke linux.

    Untuk overseas tergantung lowongan, dan gak harus afrika yang mensyaratkan CCNP. Klo udah CCNP/CCIE lebih baik coba lamaran ke middle-east atau europe, karena bnyk dibutuhkan orang2 bersertifikasi CCNP.

    Requirement nya CCNP, tp klo pun belum certified tp sudah berpengalaman bisa juga dicoba. Namun sertifikasi jauh lbh baik krn bs jd bbrp company di luar negeri memang sudah mengakui keunggulan sertifikasi tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s