C99

Gw masih ingat banget beberapa tahun yg lalu pernah baca artikel nya Budi Rahardjo di majalah infolinux tentang bahasa C, dia bilang walaupun sudah khatam membaca “The C Programming Language”-nya K&R berulang kali, namun selalu mendapatkan informasi baru untuk dipelajari saat membaca buku tersebut.

Walaupun saat ini lebih fokus menggunakan bahasa pemrograman Ruby, namun bahasa C bisa dibilang cinta pertama gw. Sampai saat ini pun gw masih tetap merasa paling nyaman saat membuat program dengan menggunakan C. Jika budi rahardjo mendapatkan ilmu baru setiap kali membaca buku nya K&R, gw selalu mendapatkan hal-hal baru setiap membaca barisan code-code C buatan orang lain. Dan yang sering menggangu pikiran adalah bentuk barisan code-code tersebut yang kadang beda antara developer satu dengan developer lainnya. Belakangan gw baru tau ternyata yang membuat beda adalah standarisasi bahasa C yang mereka gunakan. Ada yang menggunakan standarisasi C-nya K&R, C89, C90, Sun dan bahkan standarisasi yang spesifik pada vendor tertentu seperti Microsfot/Borland.

Gw paling suka mempelajari sesuatu dengan mengacu pada faktor sejarah, termasuk untuk spesifikasi bahasa C ini. Agak telat memang, tapi baru tau lebih dalam tentang sejara bahasa C setelah membaca wiki C99. Fun to be read in a weekend morning ;).

Advertisements

2 thoughts on “C99

  1. Humm…
    sama ! Bahasa C adalah bahasa yang kucintai pertama kali dan juga kuharapkan menjadi yang terakhir kali 🙂

    Memprogram dengan bahasa C, membuat kita nyaman karena “semuanya” bisa dilakukan dengan C. Yang membatasi hanya kemampuan kita mengexplore C 🙂

    Tapi.. sekarang /me harus beralih dan mencoba bahasa yang lebih primitif… COBOL… hiks…

    Meski gak terlalu menikmati, tapi tampaknya COBOL ini harus menjadi cinta terakhirku…

    Terpaksa mencinta…

    Yup, untuk bahasa C sendiri emang banyak standarnya… kadang suka aneh kalo dipaksa coding di mesin dan OS yang kita gak ngerti “Kok C nya aneh ya… ?”

    Pernah lihat Pro*C ?
    keren lhoo :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s