Condem for H.M Suharto

Cukup terkejut ketika membaca topic di chan #students of students.stttelkom.ac.id hari ini, yang menyatakan bahwa mantan presiden suharto telah meninggal dunia. Sejak sabtu gw sibuk berkunjung kerumah saudara karena ada acara lamaran disana.

Yang pasti, gw ikut berbelasungkawa dan tetap mendoakan semoga seluruh amalnya diterima oleh Allah S.W.T. Setuju  dengan pendapat Amien Rais di SCTV ketika diwawancara mengenai meninggalnya lawan politik beliau,  amien menggambarkan seperti yang dilakukan oleh buya hamka ketika sukarno meninggal, walaupun dia pernah dipenjara oleh sukarno dan merupakan lawan politik, namun ketika meninggal dan terbujur kaku seperti itu…setiap muslim pasti akan memiliki perasaan yang sama, mendoakan beliau dan mengikhlaskan segalanya. Biarlah Allah yang menentukan sisanya.

Jika melihat bagaimana proses “in memoriam” bapak pembangunan ini, gw sempat berpikir apakah jika suatu saat nanti presiden indonesia saat ini atau presiden indonesia setelah jaman suharto menginggal, rakyat Indonesia akan melakukan hal yang sama gak ya?akan merasakan hal yang sama gak ya?

Gw gak liat masa-masa kekejaman suharto, gak merasakan secara langsung, mungkin bagi yang melihat dan merasakan secara langsung kematiannya tidak berarti apapun. Namun yang pasti, gw lihat masa-masa pemerintahan setelah suharto dan itu tidak lebih baik ketimbang dulu. Harga-harga naik, berita pembunuhan dimana-mana, jalan dimalam hari tidak aman lagi, artis-artis yang seharusnya dicaci maki oleh masyarakat karena sudah hamil tanpa nikah ternyata malah diagung-agungkan dan jadi trend setter, dsb. Beberapa hari yang lalu gw sempat tugas ke lampung, dan ngobrol dengan salah satu sopir taksi disana sepanjang perjalanan, dia menceritakan jaman dahulu ketika suharto berkuasa…memang banyak orang yang diculik namun banyak juga diantara mereka preman-preman daerah yang membuat rakyat cemas. Mereka diculik dan diamankan dari masyarakat, alhasil kondisi negara aman dan terkendali.

Sekarang?!well…begitulah. Yaaaah, banyak yang berpendapat jaman dahulu saat suharto berkuasa sangat memuakan, namun jaman sekarang juga tidak lebih baik, dan yang gw liat…jaman sekarang justru jauh merosot daripada jaman dulu.

Pro dan kontra, kebaikan dan keburukan…namun yang perlu diingat adalah satu hal, kita itu cuma manusia. CUMA MANUSIA. Walaupun suharto memiliki banyak kesalahan, namun negara indonesia ini juga maju berkat beliau. Satu hal yang gw pribadi kagum pada suharto adalah sifat ‘rakyat kecil’ nya yang masih terus dibawa walaupun sudah menjadi presiden. Beliau hobi turun melihat para petani, melihat kondisi rayat kecil. Gw masih ingat jaman dulu, setiap habis dunia dalam berita sering ada siaran khusus yang menunjukan dialog beliau dengan rakyat kecil. Hal ini yang sangat berbeda terlihat pada presiden-presiden setelah beliau.

Well, human is human. Kekuasaan, materi, kekayaan semuanya akan menjadi sia-sia begitu kita mati. Liang lahat yang segitu mewahnya pun tidak akan bisa kita nikmati. Selamat jalan H.M Suharto, semoga amal ibadah dan kebaikan-kebaikan yang pernah dilakukan semasa hidup diterima oleh Allah S.W.T

 

Advertisements

6 thoughts on “Condem for H.M Suharto

  1. kata adek gue:

    “the best president is always the dead president”

    pas idup dicaci2 gituh, pas dah mangkat orang pada muji2.

  2. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Innalillahi wa Inna Illahi Rojiun.
    Segenap Pengurus, Staf, Karyawan “ASTRIK” Indonesia mengucapkan Turut Berbela Sungkawa atas Wafatnya Bapak H.M. Suharto ( Panglima Besar, Mantan Presiden R.I. II) 27-01-2008. Semoga Amal Ibadahnya diterima ALLAH S.W.T. ; Selamat Jalan Bapakku.
    Wassalamualaikum Wr.Wb.

  3. aku juga ikut berduka cita atas meninggalnya bapak Suharto.. smoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah..
    btw, tulisan diatas juga hampir sama dengan apa yg ada dibenakku lho.. 🙂

  4. Apapun, siapapun beliau, sebagai sesama umat manusia sudah selayaknya kita mendoakan dan memafkan kesalahan beliau, untuk urusan lainnya serahkan saja sama hukum dan Allah 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s