Condem for Benazir Butho

Akhirnya…sang nyonya besar yang sangat dicintai oleh masyarakat pakistan itu terpatahkan juga, benazir butho meninggal pada jam 18:16 pm PKT di rumah sakit rawalpindhi, kota dekat islamabad. Sampai saat ini masih simpang siur, dan gw juga masih berusaha mencari video amatir yang mkn berhasil diambil untuk menunjukan bagaimana butho meninggal. Ada yang mengatakan terkena ledakan, namun ada yang mengatakan dia ditembak dulu pada bagian leher dan dada-nya kemudian setelah itu sang pelaku meledakan diri.

Dari youtube gw nemuin saat-saat terakhir butho waktu dia pidato di mimbar, dan dia sudah naik mobil untuk pulang. Dan ada video lain yang memperlihatkan dari arah luar tempat dia kampanye ada semacam ledakan, jadi kemungkinan teori nya adalah: benazir butho gemar memperlihatkan dirinya dari dalam mobil dia yang anti peluru saat melewati iringan para pendukungnya di jalanan, dengan kondisi mobil anti-peluru maka kecil kemungkinan dia berhasil ditembak atau terkena pecahan ledakan apabila tidak mengeluarkan anggota badannya. Saat awal berita tentang kematian butho, pihak dari PPP (Pakistan Party People) mengatakan bahwa dia terkena pecahan ledakan, namun terakhir sudah dikonfirmasi bahwa dia ditembak terlebih dahulu dan kena bagian leher dan dada, baru kemudian sang pelaku meledakan diri.

Saat dibawa ke rumah sakit rawalpindhi untuk dioperasi, ternyata proses nya gagal dan beliau meninggal. Jadi, berakhir sudah rentetan usaha dia untuk kembali duduk sebagai perdana mentri pakistan. Butho kembali ke pakistan tahun 2007 ini (tepatnya tanggal 19 oktober 2007 yang diiringi dengan ledakan di karachi spt yg gw tulis sblmnya). Semula, butho dan musharaf merencanakan pembagian kekuasaan di pakistan pasca pemilu, dengan aturan main musharaf sebagai presiden dan butho sebagai perdana mentri. Butho juga akan kembali mendampingi musharaf apabila kasus-kasus korupsi yang ada dipakistan saat ini dibereskan terlebih dahulu, itu syarat dari dia.

Namun belakangan, butho sepertinya berbalik menyerang musharaf. Dan seperti yg gw tulis sblmnya, musharaf memberlakukan emergency situation di pakistan dan bahkan memberlakukan tahanan rumah bagi butho. Klo memang benar, sepertinya musharaf yg semula ‘anjing’ nya USA mau disingkirkan dan digantikan dengan kekuasaan butho. Karena amrik terlihat sangat mendukung butho dan mengecam musharaf utk emergency situation tsb. Emergency situation kemungkinan diberlakukan oleh musharaf krn dia menyadari keberadaan pihak oposisi semakin mengkuatirkan dan berbahaya bagi dia, termasuk adanya usaha dan dukungan amrik utk menjatuhkan dia melalui benazir butho.

Dulu nawaz sharif, perdana mentri sebelumnya yg dtng ke pakistan begitu sampai langsung di suruh pulang oleh musharaf, dan dia beserta orang-orangnya langsung pulang ke dubai. Namun belakangan, sharif yang akan mencalonkan diri sebagai perdana mentri dan benazir butho semakin berani berada di pakistan dan menentang musharaf untuk memberlakukan demokrasi di pakistan, terkecuali memang benar-benar memiliki tekad ‘demi rakyat pakistan’ dan tidak takut mati karena Allah…keberanian tersebut seharusnya muncul karena adanya keyakinan akan perlindungan dari sang penguasa dunia (yang semula menjadi majikannya musharaf) bahwa dia akan aman slm dipakistan, dan musharaf tidak akan berani menyentuhnya. Mungkin itu sebabnya benazir butho dan nawaz sharif sangat berani menentang musharaf selama di pakistan.

Musharaf adalah jendral dari kalangan militer, dia merebut tahta kekuasaan di pakistan dengan cara kudeta menggunakan kekuatan militer, dan menjadi diktator di pakistan hingga saat ini. Dia bisa membunuh para penentang dia yang berlindung didalam masjid tanpa perduli apa kata dunia tentang aksinya tersebut. Dia bisa membuat gentar calon presiden lain (mantan hakim agung) dengan meledakan panggung tempat calon presiden tersebut akan berkampanye, yang mengakibatkan teman-teman nya mati di tempat. Dia juga yang membuat takut seluruh parlemen saat pemilu untuk tetap memilih musharaf, kenapa?! karena di kotak suara nya ada kamera yang melihat jelas anggota parlemen memilih siapa, tentu saja jika ketahuan tidak memilih dia akan menerima resiko yang gak bisa dibayangkan. Jika teori benazir yang didukung amrik itu benar untuk menjatuhkan musharaf, maka sudah sifat manusia utk melindungi dirinya sendiri, apalagi pakistan adalah wilayah kekuasaan dia, apapun bisa dilakukannya.

Orang pakistan sendiri mengakui bahwa sangat mudah mencari orang yang bersedia melakukan aksi penembakan / aksi bunuh diri di pakistan, dengan beberapa ribu rupee saja mereka bersedia melakukan hal tersebut. Bom bunuh diri?!mungkin enggak secara langsung diniatkan bunuh diri, bagaimana jika jalan ceritanya: “hey, pake jaket ini atau bawa tas ini ke kampanye nya benazir butho, tembak dia dan stlh itu lari. Kamu akan saya bayar 50.000 rupee”. Tas yang berisi bom dengan detonator jarak jauh itu bisa diledakan kapan saja, terutama setelah orng tersebut melakukan aksinya menembak benazir butho.

Walaupun benazir berjanji akan melawan musharaf dan membawa demokrasi serta perdamaian untuk pakistan, termasuk didalamnya memerangi terorisme al-qaeda rasanya gak mungkin pihak ekstremist membunuh beliau hanya karena mslh tersebut, krn bisa kita lihat bahwa semua calon presiden di dunia juga meng-ikrar kan janji tersebut sebelum terpilih ;). Benazir butho adalah tokoh dunia, orang yang sangat dicintai oleh masyarakat pakistan terutama dari kalangan bawah. Selain itu, tidak ada yang lebih baik bagi masyarakat pakistan dibandingkan mengganti musharaf sang diktator, bahkan pihak al-qaeda (jika memang al-qaeda itu benar2 ada) pun mengincar kepala musharaf. Meskipun Benazir butho datang untuk membawa demokrasi yang sering diartikan membawa misi menjadikan pakistan sebagai negara sekuler, membunuh dia mestinya datang dari pihak yang menganggap dia sangat sangat berbahaya. Menjadikan pakistan negara demokrasi (sekuler) jelas tidak bermasalah dengan sang penguasa dunia saat ini, mengganti musharaf yang sudah menyiksa rakyat pakistan bahkan mengeluarkan titah membunuh para pro-taliban yang berlindung di masjid merah jelas lebih baik baik para ekstremist muslim. Jadi kemungkinan benazir butho di bunuh datang dari pihak yang akan sangat dirugikan jika dia berhasil mendapatkan posisi penting di pakistan (perdana mentri), tentu saja seharusnya datang dari sang diktator yang berada dalam posisi genting saat ini dimana rakyat pakistan, dunia, mantan majikannya, lawan politik, ekstremist menginginkan dia jatuh dan tidak berkuasa lagi.

Banyak yang simpati pada benazir butho, namun perlu diingat bahwa rumah (mansion) nya di dubai bagaikan istana. Dan dia memiliki lbh banyak lagi rumah yang tersebar dimana-mana. Rasanya hal ini sangat tidak sesuai bagi mereka yang mengatakan mencintai rakyat pakistan dan ingin memberikan kedamaian bagi rakyat pakistan. Terlebih lagi, saat butho masih berkuasa keluarganya (suaminya) terlibat kasus korupsi yang merugikan rakyat pakistan.

Benazir Butho termasuk tokoh yang dikenal dunia, sosoknya menjadi harapan rakyat pakistan yang selama ini sudah menderita dibawah kekuasaan musharaf untuk bisa membawa perbaikan bagi pakistan. Jika orang seperti benazir butho saja sudah gagal, rasanya memang akan sangat sulit membebaskan pakistan dari diktator musharaf. Dulu benazir wkt utk pertama kalinya kembali ke karachi stlh diasingkan (bln oktober 2007) juga diwarnai dengan aksi bom, yang mnrt gw untuk mengancam beliau agar tidak kembali ke pakistan. Terkecuali ada teori konspirasi laen dengan kekuatan lain yang sulit utk dilacak, maka kematian benazir butho jelas karena dia memasuki kawasan sang diktator dengan misi akan menjatuhkan sang diktator tsb.

Last, turut berduka cita atas kematian tragis orang yang sangat dicintai oleh rakyat pakistan tersebut, semoga perjuangannya memang murni dan dirahmati Allah

Advertisements

10 thoughts on “Condem for Benazir Butho

  1. ya dah apapun yg terjadi disana, dikau berhati hati saja bro… meski tidak jadi sasaran tapi mungkin saja bisa terkena efeknya. Travel Warning dari Australia kepada warganya di Pakistan.

    Turut berduka juga. Moga pengorbanan beliau tidak sia sia.

  2. syid, mau tanya…
    sebenernya tujuan ‘USA’ dukung ‘Bhuto’ buat apa ya? klo dr segi agama harusnya jelas gak mau dukung toh? knp koq justru malah mau jatuhin musharaf si adikuasa itu? *maap g pernah baca politik*

    ehmmm, wait n see kebangkitan umat muslim kapan untuk mengalahkan diktator? y sudah takdirnya bhuto jg untuk diambil dgn cara seperti itu, mudah2an termasuk ‘jihad’ ya…

    serem banget y syid disana? take care ya… salam buat istri n calon anak 😀

  3. @weeta, krn benazir butho akan datang membawa misi ‘demokrasi’ ke pakistan. Demokrasi itu mirip indonesia skrng ini, dan berarti akan mengubah prinsip negara pakistan yang semula berlandaskan islam menjadi negara sekuler.

    Knp benazir butho?!krn dia pendukungnya banyak, dan dia itu tipikal orng demokrat. Rakyat pakistan skrng jg udah mengarah ke sekuler dengan paham demokrasi bgt kok, bnyk engineer2 dan orng2 nya gak sholat. Jaman skrng gak ada perang tembak langsung wit, tp pake taktik dan ini slh satu taktik nya ‘dia’ :).

    Klo mslh musharaf, gak tau jg apa yg menyebabkan usa gak mau dukung dia lagi, mkn krn dia dah dibenci oleh semua orng di pakistan. Utk apa mendukung orng yang dimana2 pengen dijatuhin (pesawat dia udah bbrp kali ditembak).

    Tp itu kan cuma teori kemungkinan aja, gw jg gak tau pst nya hehehe…

    Btw, gw dah di indo kok weet, bln november kmrn gw pulang krn dah ngerasa kerusuhan nya bakal membesar menjelang pemilu parlemen januari ini, apalagi ngeliat gelagat benazir yg gak takut udah diancam bom gitu. Yaa, terbukti skrng kerusuhan nya semakin gawat…:(

  4. Aku liat berita yang memuat video penembakan Benazir Butho (di salah satu TV Jepang)..
    dia ditembak di bagian kepala (menurut berita) dan penembaknya itu bunuh diri (ngeledakin diri)

    di video ntuh ditunjukin pas dia lagi parade, da dua orang yang mendekat (samapi nempel) ke mobil..n nembakin Butho (di kepala) n beberapa orang lain (diperkirakan 10 orang meninggal)..
    abis ntuh da ledakan ..video berakhir..

  5. wah thanks atas infonya, aku emang ndak begitu ngerti tentang butho dan segala pergerakannya. Untung ada reporter langsung dari negara kejadian (ho ho ho)

  6. @hamidah, wah…menarik. saya sendiri cari-cari apa ada video amatir yg berhasil tangkap kejadian saat dia ditembak tp belum ketemu-ketemu.

    Itu salah satu bukti keanehan dari percaya diri nya benazir butho, memamerkan anggota badan nya (leher sampe kepala) yang jelas-jelas bisa jadi sasaran empuk penembak. Yg jd pertanyaan, knp dia bisa se-PeDe itu?!berserah diri pada takdir klo mati bisa dimana saja?i doubt it. Yakin krn ada pihak ‘kuat’ yang menjamin gak akan ada pembunuh berkeliaran di sktr kampanye nya?mungkin aja.

    Yg pernah tinggal di pakistan pst bisa melihat bahwa kasarnya (mohon maaf), pakistan itu negara ke-4. alias msh terbelakang termasuk pola pikirnya, mungkin sdh merasa aman dengan penjagaan bodyguard d sktr nya tanpa memikirkan ada penembak jitu. klo itu kejahatan di amerika pasti si penembak udah menggunakan sniper jadi gak perlu meledakan diri :D.

    Well, who knows?!

  7. klo mnurut aku……… sekarang yang harus dipikirin itu rakyatnya bukan bagaimana cara botho meninggal!kan dah banyak kejadian kaya gitu di sana!di indonesia dah aja uda ada!!!jadi sekarang gimana cara ngelepasin palestina dari diktator kaya msharaf itu!kasian ya rakyat palestina di jajah sama orang bangsa sendiri

    turut berduka deh buat butho!!! Allah selalu melihat segala kebaikan kita ko dan semoga palestina menjai negara islam yang damai!!!!
    Allah Hu Akbar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s