Programmer Cilik?!

Kita sering melihat bahwa sistem keamanan suatu sistem dijebol oleh bocah berusia belasan tahun. Atau kita melihat pada beberapa kasus, worm/trojan/virus dikembangkan oleh bocah berusia belasan tahun juga, dan mungkin ada yang pernah mendengar bahwa mozilla pun awal nya di develop oleh anak berusia belasan tahun?!

Kadang kita sering berpikir, bagaimana mungkin anak berusia belasan tahun bisa memiliki pengetahuan komputer sedalam itu?!bahkan sejajar dengan programmer-programmer Indonesia yang sudah bekerja beberapa tahun di bidang pemrograman, dan bahkan tidak semua programmer indonesia mampu melakukan hal-hal yang diperbuat oleh bocah-bocah tersebut :D.

Saat baru masuk kampus dulu, dan awal-awal belajar pemrograman (pascal), ada beberapa teman yang sudah jago. Dan satu diantara nya super duper jago, memenangkan kontes pemrograman baik nasional dan internasional, dan dari cerita nya…dia ini sudah bisa pascal sejak kelas 4 SD (Bwah, gw masih main ‘bentengan’ umur segitu). Hum, dia ini yang bikin situs gauldong Indonesia :).

Jika kita melihat 2 fakta diatas ditambah sedikit analsis, kita bisa mendapatkan jawaban bagaimana mungkin bocah-bocah tersebut bisa sangat beruntung mempelajari pemrograman dari usia sangat muda.

Fakta pertama, hal ini terjadi di luar negeri. Ada 2 kemungkinan, orang tua nya memang memiliki pekerjaan di bidang komputerisasi, atau dia belajar secara otodidak karena memang memiliki fasilitas untuk itu (banyak anak kecil yang disediakan akses internet plus komputer pribadi di rumah nya). Jika memang orang tua nya bekerja di bidang komputerisasi, maka lingkungan sudah sangat mendukung bagi nya, dan orang tua dapat membimbing anak tersebut untuk mempelajari pemrograman. Dan seperti yang kita ketahui, pemrograman adalah masalah logika, bagia anak kecil…hal ini seperti permainan saja. Sama seperti saat kita kecil suka menyusun puzzle ;).

Namun ada satu hal yang membuat para bocah di luar negeri sana mampu mempelajari pemrograman dengan baik, yaitu BAHASA INGGRIS. Simple, tapi ini sangat menentukan. Kenapa?!karena seluruh resource yang berupa tools dan dokumentasi ditulis dalam bahasa inggris. Sehingga para bocah di amerika sana dapat memahami dengan mudah tanpa adanya kendala bahasa. Coba bandingkan dengan bocah-bocah di Indonesia, oke lah dia dapat fasilitas komputer, namun untuk belajar pemrograman?!hampir semua resource ditulis dalam bahasa inggris, dan bisa kita pastikan bocah indonesia berumur di bawah 10 tahun akan kesulitan membaca literatur dalam bahasa inggris.

Fakta kedua yang menetukan sebetul nya sudah disertakan juga pada fakta pertama, yaitu orang tua nya juga bekerja di bidang komputerisasi, misal nya: pemrograman. Inilah yang menjadi faktor penentu para remaja Indonesia yang sejak kecil sudah bisa pemrograman (mungkin seperti teman kampus saya itu), dari kecil sudah di bimbing oleh orang tua nya, dan mungkin dicarikan buku mengenai bahasa pemrograman dalam bahasa indonesia, dan jika bocah-bocah ini mengalami kendala, dapat dibantu oleh orang tua nya.

Kedua hal tersebut lah menurut saya yang menentukan mengapa banyak jagoan-jagoan komputer berasal dari luar negeri, terutama USA. Selain fasilitas yang memang tersedia (terutama internet), mereka juga tidak memiliki kendala bahasa. Dan jika kita lihat biografi para programmer/hacker handal dari USA, kita bisa lihat bahwa mereka sudah kenal komputer dan internet sejak masih jaman kanak-kanak, bahkan sejak komputer desktop masih jaman jebot.

Advertisements

3 thoughts on “Programmer Cilik?!

  1. yupz,, dokumentasi dalam bahasa indonesia emang masih sedikit,,, oleh karena itulah tugas kita untuk membuat dokumentasi dalam bahasa Indonesia untuk generasi penerus kita…. ^^
    btw, temen yang dimaksud kak Hendy ya?? πŸ˜€

  2. makanya anak2 kita nantinya langsung dibiasakan menggunakan bahasa inggris aja sejak lahir.. hehe…
    dibiasakan nge-crack sejak lahir.. hihi..
    dibiasakan minum susu supaya pintar, huehehe..
    πŸ˜› *omongan ibu-ibu mah beda,,* hihihi…

    iya tul tuh, kaya yang di buku “Di Balik Kisah-kisah Hacker Legendaris”.. Sughoi~~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s