Meet the security folk, shall we?!

Jika kita melihat ke komunitas security profesional di USA sana, mungkin kita akan sangat jealous. Mereka bukan saja bekerja untuk dunia security, namun juga tetap melakukan pertemuan-pertemuan dengan sesama pecinta security yang kapasitas nya ‘non-conference’, namun lebih kepada pertemuan biasa layak nya gathering.

Pertemuan-pertemuan seperti ini awalnya banyak dilakukan oleh kelompok-kelompok hacker yang tujuan nya untuk saling bertemu dan membicarakan mengenai dunai internet security, tujuan nya?!FUN, yeah…just for fun. Tanpa embel-embel pendaftaran, booking, dsb. Scut dan r0t0r juga pernah memberikan tulisan mengenai ini di salah satu blog mereka, mereka menyebut nya something like hacking camp.

Bukankah hal seperti ini akan menyenangkan?! kita semua bertemu dengan sesama pecinta security, tidak ada yang lebih baik dan tidak ada yang lebih rendah skill nya, just meet and have some fun. Semua serba bebas, seperti layak nya makan-makan di kantin sambil kumpul membicarakan semua hal yang berhubungan dengan security. Dan mungkin diselingi dengan beberapa presentasi mengenai ide-ide segar untuk dunia security indonesia, dan yang pasti non-profit. Bukan dengan tujuan mencari project komersial, tapi murni ide-ide baru untuk dunia security (hell yeah, call it hack). Presentasi ide-ide segar yang dilakukan secara santai mungkin bisa datang dari para security profesional ataupun perwakilan dari pihak-pihak kelompok underground di Indonesia.

Di beberapa kota di USA sudah mulai bermunculan event-event seperti ini, mereka menggunakan sistem city based. Tujuan nya tentu saja agar lebih mudah di capai oleh orang-orang pada kota tersebut. Salah satu nya adalah nysec. Pada event tersebut para pecinta security saling bertemu di suatu bar (club malam?) dan saling berinteraksi serta saling membicarakan tentang dunia security selama beberapa jam. Para security profesional juga ikut turun dan berinteraksi denga sesama profesional yang lain atau bahkan dengan para pendatang baru (call it, newbie?).

Saya jadi berpikir acara seperti ini akan sangat menyenangkan apabila bisa di realisasikan di indonesia. Tidak usah yang scope nya nasional, dan tidak usah di persulit. Cukup yang simple dan mungkin bisa di mulai dari kota-kota para hacker, semisal bandung ataupun yogya, dimana komunitas mahasiswa IT serta Security profesional nya banyak berserakan. Tidak perlu mewah dan aneh-aneh (kayak nya club malam terlalu berlebihan utk budaya di Indonesia), yang penting inti nya tercapai dan bisa dicapai dengan mudah oleh khalayak ramai.

Hm, jika acara seperti ini bisa terlaksana, kira-kira apakah para security profesional seperti budi rahardjo, onno ataupun andhika triwidada mau datang ya?! Apa mereka masih mau memberikan sedikit teknikal presentasi di bidang security secara cuma-cuma? πŸ™‚

Advertisements

10 thoughts on “Meet the security folk, shall we?!

  1. hei, ini ide bagus dan sebenarnya sy sedang mengumpulkan acara-acara gathering/kuliah terutama di sekitar bandung….namun baru ketemu satu..hmm punya tambahan

    oh, ya slm kenal πŸ˜€

  2. heb, numpang junk ga punya blog jeh saya 😦
    katanya september ente selesai kontrak kerja??
    bikin event lagi aja sambil minum kopi qe3

  3. uwiuw, salam kenal juga, biasa nya anak2 kuliahan semangat utk gathering, knp gak di coba? πŸ™‚

    @anto & donald, so…bisa nih kita atur utk gathering tahap dua (after lebaran?) di bungo palo?!ngobrol2 security sambil maem padang asyik juga :D, si rusy dak cabut ke malay blm ya bln segitu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s