Vista oh Vista…

First time using vista…pendapat saya, microsoft betul-betul berniat menghabiskan resource mesin. Dengan Dual Core processor dan RAM 1G masih terasa lemot nya, betul-betul boros!

Dari sisi graphical bisa di bilang banyak peningkatan, juga dengan ditambah nya berbagai macam fitur laen seperti gadget (mirip google desktop), virtual desktop, searching, dan management sistem operasi. Untuk virtual desktop, seperti nya OSX dan Vista bersain memberikan kesan mendalam bagi end-user seakan-akan itu adalah teknologi canggih yang baru di temukan, namun pada kenyataan nya linux sudah lama menggunakan teknologi ini dan bahkan sejak awal kemunculan nya (KDE and GNOME), hanya saja kemasan di vista ini jauh lebih menarik :).

Lucu nya, baru saja saya coba-coba sudah hang vista nya. Saya memasukan sebuah CD XP SP2 dan ternyata CD nya rusak, setelah beberapa saat cd nya bisa di keluarkan namun windows vista nya nge-hang hahaha.

Windows vista masih terbilang baru, sehingga banyak aplikasi yang belum mendukung sistem operasi ini. Maka nya saya ingin re-install dengan windows XP dan berbagai macam sistem operasi pada laptop ini. Namun muncul keanehan, sebetul nya keanehan ini sudah saya ketahui beberapa waktu lalu ketika rekan kerja saya hendak re-install laptop HP nya dari vista ke windows XP. Saat cd XP di boot dan masuk menu instalasi, ternyata ada pesan bahwa harddisk nya tidak ter-deteksi. Saya dan teman saya saat itu sudah berusaha berbagai cara melalui bios namun tidak ada yang aneh, dan semua sudah sesuai setting yang benar.

Untuk laptop teman saya itu, akhir nya kami mencoba boot dengan cd Windows XP SP2 original untuk komputer desktop siemens, dan ternyata Windows nya bisa di install dengan mulus.

Saat ini saya mengalami masalah itu lagi, dan memang cd yang akan saya gunakan adalah XP SP2 bajakan. Saya coba search di internet tapi seperti nya tidak ada keterangan mengenai ini. Backtrack dapat mendeteksi keberadaan harddisk pada laptop ini (SCSI). Namun installer Windows bajakan tidak bisa mendeteksi nya. Apa mungkin di laptop HP ini ada semacam protecting dari windows bajakan ya?Saya sangat penasaran, dan ingin mencoba untuk remove seluruh partisi dan kemudian install Linux Backtrack, selanjut nya baru install windows XP, mungkin dengan cara begitu bisa hilangkan proteksi nya.

Beberapa waktu lalu saya juga pernah membaca bahwa Windows Vista mendukung harddisk yang menggunakan EFI seperti mesin-mesin apple, apa mungkin harddisk nya terformat dengan mode EFI (bukan MBR) karena sebelum nya telah ter-install Vista?!Wah, rencana install the sims 2 untuk istri jadi terhambat nih :P.

Ada yang punya solusi nya?!

6 thoughts on “Vista oh Vista…

  1. awak aja make thinkpad t41 spek ati radeon 9000series 32m, ram 512m, procesor centrino 1,6G aja dikasih penilaian 1 hiks… mending make xp bawaanya yg buitl in malah lebih enak ma stabil

Leave a Reply

