Hum, new machine…

Vista Hufh, barusan muter-muter hafeez centre di kota Lahore, pakistan. Di kota ini hafeez centre merupakan pusat perbelanjaan barang-barang dunia digital seperti komputer dan handphone, miriplah dengan glodok nya Jakarta.

Udah beberapa hari ini memang niat ingin mencari laptop (kalau bisa sih second hand) untuk istri, karena dia sering di tinggal di guesthouse saat saya bekerja dan tidak banyak hal yang bisa dia kerjakan. Sebetul nya di guesthouse bisa di bilang lengkap, selain kamar yang ada kamar mandi nya, di luar terdapat ruang tamu, ruang tengah, taman dan dapur. Istri saya suka masak memasak, namun sifat nya yang pemalu membuat dia enggan keluar kamar dan bertemu orang lain, alhasil setiap hari cuma di kamar. Ada sih tv namun bahasa nya klo bukan urdhu ya english, satu-satu nya siaran televisi yang dia tonton hanya siaran masak, dan klo bukan nonton cuma main solitaire di hape.

Saya sendiri kasihan melihat dia, saya gak bakalan betah dech di tinggal cukup lama tapi tidak ada hal menyenangkan yang bisa di lakukan, sementara tugas saya sebagai consultant kadang harus pergi lama dan kalaupun pulang sudah kelelahan/malam sehingga tidak banyak waktu untuk bercengkrama dengan istri. Walaupun sebetul nya busy time nya tidak setiap saat, hanya saat-saat tertentu saja…sisa nya saya lebih memilih tinggal di guesthouse apabila memang tidak di butuhkan di lapangan :).

Kadangkala istri suka juga menjelajah di dunia internet dan audit isi email serta friendster milik saya (curiga kalau-kalau saya suka godain ce lain di internet hahaha), berhubung wireless internet di guesthouse tersedia 24/7 akhir nya kami sepakat untuk mencari satu buah laptop untuk dia. Walaupun awal nya dia bersikeras ‘tidak mau’ klo tujuan nya cuma untuk dia gunakan guna mengisi kebosanan atau maen game the sims selama saya tinggal kerja, akhir nya istri saya setuju juga setelah kami berdiskusi untuk mencari nilai lebih jika membeli satu lagi laptop. Saya bilang bisa untuk menambah resource research saya di bidang security, karena laptop milik saya (MacBook) cenderung susah untuk riset vulnerable banyak sistem operasi (windows, linux, bsd, solaris), menggunakan software virtual di Mac OSX juga tidak sebagus VMWare nya windows (well, cracked :P).

Akhir nya muter-muter untuk mencari laptop dengan kualitas cukup bagus yang bisa bertahan cukup lama, namun dengan harga yang masuk akal. Di pakistan sebetul nya banyak barang-barang second hand, namun ternyata kualitas nya cukup menakutkan, akhir nya kami mencari barang baru. Ada beberapa pilihan, saya sendiri hobi melihat-lihat berbagai jenis laptop dan cukup menikmati beberapa merk sony vaio. Namun jelas harga nya jauh dibandingkan acer ataupun HP pada kelas dan jenis fungsi yang sama.

Setelah membanding-bandingkan harga beserta kualitas serta nilai guna (fungsionalistas) nya, maka pilihan jatuh pada HP Pavilion dv6000, dengan display 15″. Ada beberapa hal penting yang di pilih guna mendukung kepentingan kami berdua, yaitu research dan ‘utak-atik’ buat istri saya (computer design my dear?!), antara laen memory, kapasitas harddisk, vga, serta display screen. Untuk memory nya 1G, harrddisk 120G, vga 128 M NVidia, display screen besar (untuk nonton film dan main gam :P).

Kisaran harga seperti nya sedikit lebih murah daripada di indonesia, saya sudah cek di bhineka dan harga nya berbeda sekitar 1000-2000 rupee (sekitar 150-300 rebu), sebetul nya di pakistan harga bisa jauh lebih murah, bisa berbeda hingga 1jt lebih (IDR), namun sulit sekali tawar menawar di tempat itu, apalagi mereka tahu saya expatriate di sini. Sedangkan blackmarket susah di temukan kecuali dengan bantuan orang lokal, alhasil membeli tanpa bisa menawar sama sekali :(.

Tapi ya sudah lah, semoga saja laptop ini banyak membawa manfaat…baik bagi saya dan istri saya. Amin 🙂

DV6243
Intel Duo 2 Core 1.73G (T5300)
15.4″ WBV
Intel 128MB
1GB DDR2 (2 dimm)
120GB SATA
LS DVDRW
Genuine Vista Home Premium
2.76kg
1-Year Warranty
Come w/ Remote Control and Webcam
One thought on “Hum, new machine…

Leave a Reply

