Fink Project and Darwin Ports

Gw sempat kebingungan sewaktu mencari-cari package di Mac OSX yang setara dengan paket-paket di linux, pernah coba download dari source nya tapi ternyata saat di compile dan install mengalami banyak masalah, terutama di masalah dependency. Install satu paket memerlukan dependency paket lain nya, hal ini membuat gw jadi teringat waktu awal-awal menggunakan RedHat Linux dulu, beribet tiap mau install butuh dependency yang berujung gw tinggalin RedHat dan beralih ke gentoo.

Setelah membaca-baca sedikit di internet baru sadar ternyata ada 2 project yang berhubungan dengan manajemen paket di Mac based, inti dari project ini adalah melakukan porting dari aplikasi-aplikasi yang berjalan di linux untuk dapat digunakan pada mesin-mesin Mac secara lebih mudah. Kedua project tersebut adalah Darwin Port dan Fink .

Dengan ada nya project tersebut, maka kita dapat dengan mudah melakukan instalasi aplikasi-aplikasi umum di linux pada mesin Mac. Perbedaan dari kedua project tersebut terletak pada pendekatan development nya, Darwin Port di kembangkan dari “scratch” sedangkan Fink dikembangkan dengan menggunakan fitur yang mirip dengan apt-get Debian.

Setelah mencoba kedua nya, gw lebih ‘sreg’ dengan Fink. Disamping mudah bagi newbie seperti gw ini, tersedia juga interface GUI nya yang semakin membuat kita betul-betul di manjakan saat menggunakan mesin-mesin Apple. Tinggal ‘klik’ aplikasi yang mau di install, dan kita terhubung dengan internet maka sisa nya tekan tombol ‘install’. Proses instalasi juga bebas memilih antara binary dengan source. Dan setelah beberapa saat, aplikasi yang kita inginkan sudah terinstall dengan rapih.

Ah, betul-betul dimanjakan sekarang ini…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s