Echo zine issue #17 has been released

Another echo zine has been released, dapat di nikmati pada http://ezine.echo.or.id/ezine.html , seperti biasa…cukup banyak artikel menarik dan salah satu artikel yang menggelitik adalah ICMP Tunneling pada Wireless Hotspot oleh az001, inti menarik nya terletak pada “celah” paket icmp dan udp yang dapat dimanfaatkan oleh icmptunneling dan dnstunneling di beberapa tempat penyedia internet seperti hotspot.

Pada artikel tersebut az001 juga menyebutkan tentang teknik icmptunneling yang di implementasikan pada GPRS salah satu operator di indonesia, dia gak menjelaskan teknik secara lengkap…tapi mungkin bisa di simpulkan bahwa implementasi GPRS salah satu operator di Indonesia meloloskan paket ICMP ataupun UDP dari mesin charging. Komponen terpenting pada GPRS maupun 3G untuk IP Network adalah mesin SGSN dan GGSN. SGSN merupakan salah satu mesin pada core network dan GGSN bisa dianggap gateway (router) network GSM dengan internet. Salah satu mesin yang berperan untuk menghitung proses charging (billing) GPRS adalah SGSN (yang terhubung dengan mesin IN / Intelligent Network). Kemungkinan salah satu operator tersebut memberikan konfigurasi yang ‘unik’, yaitu meloloskan trafik data ICMP/UDP dan hanya berkonsentrasi pada trafik TCP. Hal inilah yang menyebabkan ICMP tunneling maupun DNS tunneling dapat lolos dari proses billing GSM.

Hanya sebatas teori, untuk lengkap nya harus berdiskusi dengan az001 nih, siapa tau nanti gw ada project implementasi SGSN dan GGSN, jadi gak kecolongan hehe…

Anyway, great ezine echo (kok y3dips ma anonymous[1] gak kirim artikel ya 😦 ), and cute article for az001.

Advertisements

7 thoughts on “Echo zine issue #17 has been released

  1. halah syid, lo pake nungguin artikel gw, bosen kali… ada juga nungguin artikel elo tuh :P, btw gimana ? dah bisa ruby-nya di winCE (WM5) ?

  2. @y3dips, udah mar…tp musti kutak-katik registry biar bisa eksekusi ruby otomatis tiap aplikasi ruby di jalankan (maybe).

    @opt1c, yup…alhamdulillah dah nikah tanggal 24 juni kemarin 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s