Indonesian Underground & Security scene

“Gw di blok ama proxy, gimana cara bypass nya?!”, “Gimana cara buka port agar bisa di exploit?”, “ajarin gw hacking duonk…”.

Ah, simple words yang mungkin klo di search via google akan sangat banyak ditemukan pada mailing list, forum, diskusi tanya jawab, dsb nya. Pertanyaan-pertanyaan seperti itu cenderung muncul pada wadah-wadah yang membahas security computer di Indonesia (called it, nge-hacking :D). Noob?!sure, umum nya pertanyaan seperti itu di ajukan oleh para newbie alias pendatang baru di dunia security computer, yang biasa nya tertarik untuk melakukan hacking/cracking krn di motivasi oleh banyak hal, slh satu nya ingin mencoba-coba dan menjadi populer ;).

Salah?!tentu tidak, krn pada awal nya gw yakin bngt mereka-mereka yang terbilang sudah mahir saat ini pernah memberikan pertanyaan sederhana seperti itu. Jd inget, dulu awal nya saya semangat banget untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti itu dengan sangat mendetail, terutama saat awal-awal belajar security wkt msh di Lab CnC STT Telkom. Namun skrng ini, rasa nya sudah hampa untuk masuk ke forum-forum underground umum di indonesia krn yg di bahas seputar-seputar itu saja, bypass proxy…hack pake kaht…cara tutup port, dsb.

Knp?!karena pertanyaan nya diulang-ulang terus, banyak yang belum paham bagaimana cara nya bertanya di forum ataupun milis, banyak yang belum tahu klo begitu banyak nya fasilitas yang bisa membantu kita menemukan jawaban pada forum-forum diskusi dimana pertanyaan tersebut sudah pernah di tanyakan sebelum nya. Akibat nya, diskusi serasa mentok pada hal-hal yang sifat nya mendasar dan cenderung kearah kiddies (tanya tools, dpt info, pakai, sukses, puas).

Hal ini akan sangat terasa setelah 2-3 tahun bergelut di dunia security, terutama di dunia underground. Ada beberapa cara mudah untuk mencari informasi bagi para pendatang baru dan ini sudah sangat sering dibahas, diantara nya:

1. Cari dulu di google!!! Buanyak banget informasi yang bisa kita dapatkan dr google, dan slh satu cara terbaik adalah mencari nya pada media wiki , misal nya untuk mencari informasi tentang stack-based-buffer overflow bisa tinggal masukin aja di keyword nya google “wiki stack buffer overflow”. Melalui media wiki kita akan mendapatkan sangat banyak resource, mulai dari konsep dasar hingga link ke informasi yang lebih advanced.

2. Gunakan media search pada forum-forum diskusi. Melalui media ini kita akan mendapatkan hasil diskusi mengenai pertanyaan yang sebelum nya pernah di jawab, apabila blm pernah di bahas…barulah kita tanyakan pada forum diskusi tersebut.

3. Jika ingin bertanya melalui milis, silakan cari pada arsip milis yang bersangkutan apakah pertanyaan tersebut pernah di diskusikan sebelum nya atau tidak.

4. English is a Must!!! Banyaaaak banget yang ketakutan begitu membaca literatur dalam bahasa inggris dengan berbagai macam alasan, malas….gak bisa bhs inggris dsb nya. Padahal jika kita sadar, hampir semua konsep-konsep penting dalam dunia security di jelaskan dalam bahasa inggris mulai dari tingkat awal hingga tingkat mahir. Dan satu-satu nya cara untuk mendapatkan ilmu tersebut cuma satu, “paksain utk bisa bahasa inggris!!!”.

Mungkin semua nya harus kita kembalikan ke konsep hacking itu sendiri, dan salah satu konsep hacking adalah selalu curious (penasaran) dan mencari yang lebih dan lebih lagi, dlm hal ini adalah ilmu. Kepuasan setelah berhasil menemukan jawaban atas pertanyaan yg sebelum nya muncul dlm benak kita cukup lah menjadi penghibur dan penghargaan bagi jerih payah kita sesaat, namun jangan sampai terlena terlalu lama (apalagi sok-sok an)…setelah melalui tangga pertama, usahakan untuk mencari cara naik ke tangga kedua, setelah berhasil usahakan utk cari cara bisa naik ke tangga ketiga. Kita akan selalu bodoh, dan pasti akan selalu muncul pertanyaan-pertanyaan dlm benak kita, dan dengan cara naik tangga satu per satu seperti itu kita akan menemukan bahwa ilmu begitu luas, dan kepuasan yang terlalu berlebihan hanya akan menjadi tembok penghalang untuk menemukan berbagai macam hal menarik, terutaman di dunia internet security ini.

Apabila suatu saat kalangan underground di Indonesia sudah semakin sadar dan dewasa, forum-forum bukan cuma meributkan cara penggunaan tools, namun akan di ributkan dengan brainstorming untuk membuat tools. Bukan cuma meminta dan memakai, tapi menciptakan.

Ahhh…kapan ya hal tersebut akan menjadi kenyataan?apabila terjadi, maka dunia internet security dan underground di Indonesia ini akan semakin menarik dan penuh tantangan…

PS: ini cuma pendapat pribadi, so…no offense ;).

Advertisements

4 thoughts on “Indonesian Underground & Security scene

  1. yup, bener bang.
    memang harus sungguh2 dan kerja keras.
    dulu saya sering nanya yg sebenarnya jawaban tu bisa dicari sendiri.
    klo inget itu jadi malu…

    best regards

  2. Satu lagi tambahan selain by pass proxy dkk, Aq juga eneq banget dengan yang nyanya n nawarin rapid premium. Kyknya topik nya itu-itu ajah. Cm biarin dah namanya juga sejarah pasti berulang, 2-3 tahun lagi mungkin yg nanyain spt hal” diatas nulis artikel yang sama seperti dikau..wakakaa

    *Ntu pendapat pribadi juga 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s