HLRi Migration, tough day…:((

Gilaaaaaaaa, betul-betul over over time gw kerja kali ini. Hari jum’at minggu kmrn gw tiba-tiba di telp utk segera ke islamabad, karena mesin HLRi di Islamabad sudah siap utk di commisioning. Gw baru di kasih tau sore nya, buru-buru dech ngepak barang-barang bawaan dan nunggu driver datang malam nya, rencana berangkat ke islamabad jam 21:30 tapi ternyata driver baru dtng jam 20:30, jalanan macet alhasil sampe airport jam 21:30…ketinggalan pesawat?absolutely, tp bukan kesalahan gw…salah driver nya yg terlalu santai, ternyata musti bayar 800 rupee utk upgrade tiket nya dan stl itu bisa berangkat besok pagi nya jam 07:00. Pulang dech ke guesthouse, tp cuma utk tidur doank dan bsk pagi nya udah harus buru-buru pergi supaya gak ketinggalan pesawat lagi.

Perjalanan 2 jam, stl sampe islamabad langsung di drop di hotel. Slm weekend ckp menyenangkan krn menghabiskan waktu bermalas-malasan di hotel, ternyata islamabad gak spt karachi…semua serba mahal termasuk makanan di hotel itu. Gak ada yg gratis, bahkan hotspot internet pun bayar per jam nya :(.

Hari senin nya gw dtng ke kantor jam 10:30, begitu sampe kantor sang manager berkata “kamu balik lagi ke karachi ya, hr ini rencana nya ada migrasi data HLRi – HLRi tapi ternyata yg eksekusi sakit jadi kamu yang gantiin”, begh…bengong donk…pengalaman gw migrasi data masih kurang walaupun bocah-bocah di siemens indonesia selalu bilang migrasi HI-HI gampang bngt (hai lel!!!), ya udah…buru-buru lagi pulang ke hotel utk kembali mengepak barang-barang dan langsung cabut ke airport karena harus kejar pesawat jam 15:00, di pesawat gw gak sempat tidur…perjalanan nya 2 jam tp pikiran gw sibuk ke migrasi data mlm nya (ehm, gak terlalu betul juga krn slm di pesawat nonton film drama yg bagus, syng gak sempat slsi :P).

Sampe karachi, langsung di bawa ke guesthouse utk meletakan barang (hey, guesthouse nya jauh lbh indah drpd guesthouse gw sblm nya di karachi, coba dr awal dpt yg ini 😦 ). Baru sampe guesthouse langsung di telp-telp in banyak orang, baik dr siemens pakistan sampe orang-orang dr telenor (client, slh satu operator terbesar di pakistan) tentang rencana migrasi data. Gw aja cm tau dikit bngt rencana migrasi nya, jd gak bisa jawab banyak-banyak pertanyaan mrk. Yg pasti, sibuk bngt saat itu telp berbagai macam orang termasuk orang-orang telenor utk memberikan kepastian bahwa provisioning (input data pelanggan baru) di hentikan saat migrasi data akan di mulai. Stl itu, gw lngsng cabut ke site untuk segera prepare hal-hal yang berhubungan dengan migrasi data ini. Slm di mobil, diadakan conference oleh bos-bos nya beserta engineer siemens yang akan support gw dlm melakukan migrasi data ini. Bos siemens project utk wilayah timur tengah cm tanya satu hal “Rasyid, are you sure can do this migration?”. Hehe, susah jawab nya…jd gw jawab aja “I’ll try my best, please support me on this”. Sok bngt jawab nya, pdhl tegang abizzz….:P

Stl itu, dimulai lah saat-saat penyiksaan, prepare segala sesuatu nya hingga melakukan migrasi sendirian. Tmn-tmn laen di sini sifat nya hanya support, jd klo gw butuh informasi atau akses apapun mrk yang akan menyediakan dan sisa nya adalah orang-orang telenor yang akan selalu memantau kerjaan di sini.

Berhubungan experience gw utk migrasi data miniiiim bngt, jd mengalami ckp bnyk kesulitan…di tambah lagi krn kurang teliti jadi gw harus ulangi migrasi data utk beberapa subscriber (around 79.000). Alhasil, betul-betul gak tidur selama lebih dari 24 jam (36 jam?) sejak kemarin di islamabad sampe tadi mlm jam 20:00. Akhir nya segala sesuatu beres td mlm dan langsung pulang dulu ke guesthouse utk tidur bbrp jam (alhamdulillah cukup puas tidur nya, krn terasa lamaa bngt pdhl cuma bbrp jam), jam 23:30 gw harus balik lagi utk proses cut-over (perpindahan routing SS7 utk subscriber yang baru saja di migrasi).

Skrng ini proses cut-over nya udah berhasil, tinggal menunggu bbrp test lagi. Fuh, betul-betul melelahkan…dan inilah beda nya klo kita merasa pekerjaan nya menyenangkan, walaupun badan udah lelah bngt…udah tertidur-tidur di mobil saat cari makan kmrn sore tp gak semelelahkan di kerjaan sblm nya saat di ericsson dimana tiap hari walaupun duduk aja slm 8 jam dan melakukan monitoring tp rasa nya pengen cpt2 slsi, mkn krn membosankan.

Smg aja semua nya berjalan dengan lancar sampe slsi nanti, dan mungkin stl ini harus lngsng siap-siap pergi ke lahore utk commisioning mesin HLRi baru karena lahore lbh prioritas drpd islamabad utk saat ini, I hope still have some time to enjoy the bed at guesthouse this morning :P.

Leave a Reply

